Koopsau III gelar Latihan Pengamanan VVIP 2020 di tiga lanud wilayah timur

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau) III Biak, Papua menggelar Latihan Pengamanan VVIP 2020 di tiga lanud wilayah timur Indonesia. Latihan dibuka secara virtual oleh Panglima Koopsau III Marsda TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M., dari Markas Koopsau III pada Senin, 9 November.

Pangkoopsau III menilai, latihan semacam ini sangat penting guna mengantisipasi kemungkinan ancaman yang terjadi di wilayah tanggung jawab Koopsau III terhadap pejabat VVIP yang sedang melaksanakan tugas kenegaraan.

Oleh sebab itu, ujarnya, guna  mewujudkan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas dan meningkatkan kesiapsiagaan satuan jajaran Koopsau III,  latihan ini perlu dilaksanakan.

Tujuannya, agar para pelaku mampu merencanakan dan melaksanakan pengamanan VVIP, baik terhadap Presiden/Wakil Presiden maupun tamu negara setingkat kepala negara/pemerintahan beserta keluarga VVIP yang merupakan simbol negara.

Latihan Pengamanan VVIP Koopsau III tahun ini mengusung tema “Komando Tugas Udara Koopsau III Melaksanakan Operasi Pengamanan VVIP Aspek Udara Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”.

“Manfaatkan momentum kegiatan latihan ini untuk menambah bekal pengetahuan dalam mendukung tugas pengamanan VVIP di medan tugas sebenarnya. Dan, saya tekankan agar dalam manuver lapangan para komandan satuan benar-benar mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan sesuai aturan dan memastikan semua unsur dan pelaku aman dan tidak terpapar COVID-19 selama pelaksanaan latihan,” pesan Pangkoopsau III.

Sementara itu, Direktur Latihan Asisten Operasi Kaskoopsau III Kolonel Pnb Agus Setiawan, S.E., menjelaskan, Latihan Pengamanan VVIP Koopsau III Tahun 2020 digelar di tiga lanud jajaran Koopsau III, yaitu Lanud Manuhua Biak, Lanud J. A. Dimara Merauke, dan Lanud Yohanes Kapiyau Timika.

Latpam VVIP Koopsau IIIPenkoopsau III

Latihan melibatkan 910 personel dari Koopsau III dan jajaran serta personel satuan TNI/Polri.

Dalam latihan ini juga dikerahkan satu unit pesawat CN235MPA dari Skadron Udara 27 Lanud Manuhua dan satu unit helikopter EC-725 Caracal dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat.

Materi latihan yang akan disimulasikan meliputi simulasi kedaruratan pada saat start engine, taxi-out, take-off, on route, landing, air cover, medivac, ploting sasaran, komando dan kendali operasi  pengamanan VIIP, dan lainnya.

Ketua Tim Wasev Kolonel Pnb Tata Budi Pratama mengatakan, latihan Pengamanan VVIP ditujukan untuk menyinergikan komunikasi dan harmonisasi satuan yang bertugas dalam Pengamanan VVIP dengan harapan tercapai peningkatan kesiagaan dan kesiapsiagaan yang tinggi.

Oleh karena itu perlu di inventarisir berbagai permasalahan yang muncul baik berupa doktrin, piranti lunak, maupun kelengkapan lainya dalam pengamanan VVIP selama latihan untuk dijadikan bahan evaluasi dan mencari upaya-upaya serta solusi pada penugasan sebenarnya.

Hadir dalam acara pembukaan latihan adalah para pejabat Koopsau III, Tim Pengawas dan Evaluasi dari Mabes TNI, Tim asistensi dari Paspampres, serta para komandan satuan jajaran Koopsau III secara virtual dari satuan masing-masing satuannya.

Roni Sontani

One Reply to “Koopsau III gelar Latihan Pengamanan VVIP 2020 di tiga lanud wilayah timur”

  1. Bismillah kenapa tidak dilengkapi sistem pertahanan rudal tor maupun buk dari rusia,sistem pertahanan landasan udara TNI.AU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *