Venezuela dan Iran buka pintu untuk jual beli senjata

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Menteri Luar Negeri Venezuela Jorge Arreaza telah melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif minggu ini. Kedua pejabat bertemu untuk membuka pintu bagi kemungkinan jual beli senjata antara kedua negara.

Teheran sebelumnya menyatakan, akan lebih banyak menjual sistem persenjataan daripada membeli usai dicabutnya embargo senjata oleh PBB pada 18 Oktober lalu.

Sementara Caracas, saat ini memang belum menyatakan rencana untuk membeli senjata dari Iran. Meski demikian, Arreaza menyatakan opsi membeli senjata dari Iran sudah terbuka.

“Tidak ada kapal yang datang membawa rudal, tetapi ada hubungan kami dengan Iran dan jika angkatan bersenjata kami butuh untuk mendapatkan persenjataan dari Iran, kami dapat melakukannya… Tidak ada seorang pun yang dapat melarang hal itu,” ujar Arreaza seperti Airspace Review kutip dari Sputnik.

Oktober lalu, utusan khusus Amerika Serikat Elliott Abrams mengatakan, AS akan menghancurkan rudal jarak jauh Iran apabila negeri itu mengirimkannya ke Venezuela.

Hal itu tidak dihiraukan oleh Presiden Venezuela Nicolas Maduro yang minggu lalu menyatakan bahwa Caracas dapat membeli persenjataan dari negara mana pun yang akan menjualnya, termasuk dari AS sekalipun.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *