GAZ 59037A, kendaraan amfibi segala medan berbasis BTR-80

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) –  Kendaraan Amfibi Segala Medan (ATAV) yang satu ini dibuat dari basis kendaraan pengangkut lapis baja BTR-80 dan diproduksi oleh Perusahaan Industri Militer, Rusia untuk diekspor ke berbagai negara.

GAZ 59037A dilengkapi kompartemen bertekanan dengan sistem pendingin ruangan maupun sistem pemanas yang efisien untuk operasi di suhu rendah. Kendaraan ini dapat dioperasikan pada suhu -40C hingga +50C.

ATAV dengan bobot 14 ton ini dilengkapi mesin berdaya 260 tenaga kuda yang dapat menghasilkan kecepatan 80 km/jam di jalan raya dan 50 km/jam di jalan tak beraspal.

Sementara di air, kendaraan yang diawaki oleh dua orang dan bisa menampung 10-12 orang ini dapat dapat dipacu dengan kecepatan 9 km/jam.

GAZ 59037ALee Ann Quann

Sebagai kendaraan amfibi, GAZ 59037A sangat efektik digunakan di daerah banjir maupun untuk menembus medan bencana untuk melakukan evakuasi maupun bantuan pengiriman logistik.

Kendaraan dilengkapi delapan roda dengan empat poros. ATAV ini memiliki gorund clearance 475 mm dan peredam kejut hidrolik teleskopik yang efektif dalam penggunaan off-road di trek tanah dan lintas alam.

GAZ 59037ALee Ann Quann

Kendaraan ini dapat dilengkapi dengan navigasi satelit, sistem pengawasan video, lampu sorot tambahan, sirene, dan pengeras suara.

Untuk fungsi angkutan kargo, beberapa atau semua kursi dapat diturunkan. Tersedia pula model kabin dengan penutup kanvas yang dapat dilepas.

Secara keseluruhan, GAZ 59037A dapat membawa mengangkut kargo hingga 5 ton.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *