30 tank T-72B3M melengkapi Armada Baltik Rusia

AIRSPACE REVIEW (airspace-reveiw.com) – Sebanyak 30 tank tempur utama T-72B3M (kadang disebut T-72B4) dengan karakteristik tempur yang ditingkatkan telah melengkapi kekuatan Armada Baltik Rusia pada tahun ini.

Selain dilengkapi perlindungan lapis baja reaktif modular generasi terbaru “Relikt”, tank ini juga mendapatkan mesin baru dengan kekuatan 300 tenaga kuda lebih besar dari pendahulunya, T-72B3-1130.

Di bagian belakang dilengkapi dengan layar kisi untuk melindungi diri dari amunisi kumulatif.

Kawanan tank ini ditempatkan oleh Baltic Fleet di wilayah Kaliningrad. Demikian disiarkan oleh layanan pers Distrik Militer Barat Rusia.

Kompartemen pertempuran pada tank ini juga telah dimodernisasi dan dilengkapi dengan sistem yang memungkinkan awak tank dapat mendeteksi dan menghancurkan target dengan lebih cepat.

T-72B3M  menggunakan turet dengan meriam terbaru, 2A46M5 smoothbore kaliber 125mm. Balistik dan sumber daya tembakannya pun telah ditingkatkan.

Kanon ini dapat menembakan beragam amunisi termasuk armour-piercing discarding sabot (APDS), high-eksplosive fragmentation (HEF), high-explosive anti-tank (HEAT), dan rudal antitank berpemandu 9M119 Refleks (NATO: AT-11 Sniper). Sistem pengisian proyektil dan rudal menggunakan auto-loader.

Selain itu, dilengkapi juga dengan sistem penglihatan Sosna-U dan komputer balistik digital. Komandan tank dapat melihat sistuasi sekitar dengan pemandangan panorama.

Sementara pengemudi, sekarang dapat ikut mengontrol mekanisme pengoperasian tank melalui layar.

Pengemudi juga dapat melihat situasi di belakang menggunakan kamera yang di tempatkan di bagian belakang tank.

Keseluruhan modernisasi ini dilakukan oleh Uralvagonzavod.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *