Dikawal F-5FM, F-39E Gripen tiba di Brasilia untuk tampil di Hari Penerbang

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Brasil telah menerima satu unit F-39E Gripen dari Swedia dan saat ini pesawat tengah disiapkan untuk tampil di Hari Penerbang pada 23 Oktober mendatang di Brasilia.

Unit pertama F-39E Angkatan Udara Brasil (FAB) dengan registrasi FAB 4100 ini tiba pertama kali di Brasil pada 22 September 2020 setelah dikirim dari pabrik Saab, Swedia menggunakan kapal laut.

Pada Sabtu (17/10), seperti dilaporkan Cavok, F-39E tiba di Brasilia, ibu kota Brasil, ditemani sebuah F-5FM dengan registrasi FAB 4808.

F-39E untuk FAB, sementara masih ditempatkan di fasilitas Gavião Peixoto (SP) milik Embraer yang menjadi Pusat Uji Penerbangan Gripen (GFTC). Fasilitas ini dibangun sejak 2017 oleh Saab dan Embraer dan memiliki fasilitas yang sama dengan yang ada di Linköping.

Usai pertunjukan di Brasilia nantinya, pesawat akan kembali ke tempat asal untuk melanjutkan pengujian penerbangan sebelum resmi diserahkan kepada pemerintah Brasil dan FAB.

Di antara sejumlah uji penerbangan yang dilaksanakan adalah terkait kontrol penerbangan dan sistem kontrol cuaca untuk penggunaan pesawat di wilayah tropis.

Pengujian di Brasil juga terkait dengan integrasi sistem persenjataan dan sistem komunikasi jaringan BR2. Sistem ini dapat membagi enkripsi data dan komunikasi suara di antara pesawat-pesawat yang dikerahkan.

Serah terima unit pertama F-39E Gripen dari Saab kepada FAB dijadwalkan tahun depan. Selanjutnya armada Gripen FAB akan menempati Wing 2 FAB di Anápolis di negara bagian Goiás.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *