Murah, bermata jeli, mematikan: 5 pesawat ISR Bersenjata pilihan USSOCOM

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Komando Operasi Khusus AS (USSOCOM) telah memberikan total 19,2 juta dolar kepada lima perusahaan untuk menyediakan prototipe sebagai bagian dari program Armed Overwatch.

USSOCOM berniat membeli pesawat berbiaya operasional rendah untuk digunakan dalam misi pengawasan dan serangan dari udara di lokasi pertempuran yang sulit.

Dilansir dari Air Force Magazine, pengumuman yang disiarkan pada 14 Mei tersebut jatuh kepada  Leidos Inc. Bronco II, MAG Aerospace MC-208 Guardian, Textron Aviation Defense AT-6E Wolverine, L-3 Communications Integrated Systems AT-802U Sky Warden, dan Sierra Nevada Corp. MC-145B Wily Coyote.

Disebutkan, demonstrasi kebolehan kelima prototipe akan berlangsung di Pangkalan Angkatan Udara Eglin, Florida dan diharapkan selesai pada Maret 2022.

Disampaikan juga, jika uji prototipe ini berhasil maka perusahaan terpilih dapat diminta untuk memberikan proposal guna kontrak produksi lanjutan.

SOCOM mengusulkan program Armed Overwatch setelah evaluasi pesawat serang ringan oleh Angkatan Udara dan rencana pemilihan armada pengganti lSR tak bersenjata saat ini yakni pesawat U-28 Draco.

USSOCOM ingin membeli sekitar 75 pesawat untuk memberikan dukungan udara jarak dekat, serangan presisi, dan operasi khusus ISR di lingkungan yang keras dan permisif.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *