Koopsau III siap gelar Latihan Antar Satuan “Kasuari Perkasa 2020”

Skadron Udara 27Skadron Udara 27

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) III siap menggelar Latihan Antar Satuan “Kasuari Perkasa 2020”. Latihan akan dilaksanakan di Lanud Leo Wattimena, Morotai, Maluku Utara pada 9-10 Oktober 2020.

Direktur Latihan Kasuari Perkasa 2020, Kolonel Pnb Agus Setiawan, S.T., dalam laporannya kepada Panglima Koopsau III Marsekal Pertama TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M mengatakan, tujuan dilaksanakannya latihan ini adalah untuk menciptakan keterpaduan dan kesatuan komando antar satuan di bawah Koopsau III dalam rangka pelaksanaan tugas yang bersifat operasional koordinatif.

Paparan rencana Latihan Kasuari Perkasa 2020 disampaikan di Ruang Rapat Makoopsau III pada Rabu, 23 September 2020.

Paparan dihadiri oleh Pangkoopsau III, Kas Koopsau III Marsama TNI Hesly Paat, para Pejabat Komando Latihan, Pejabat Makoopsau III, Pejabat Lanud Manuhua, dan Batalyon Komando 468 Paskhas.

Dikatakan, latihan akan digelar dalam bentuk latihan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), khususnya Operasi Penanganan Bencana, SAR, Evakuasi Medis, dan Dropping Logistik. Usai latihan akan digelar pameran statik.

Tema yang diangkat dalam latihan ini adalah “Komando Operasi TNI AU III melaksanakan latihan Kasuari Perkasa guna meningkatkan kemampuan satuan-satuan di bawah jajarannya, dalam rangka menanggulangi bencana alam di wilayah Koopsau III mendukung tugas Kogabwilhan III”.

Sementara itu Pangkoopsau III dalam arahannya menekankan, seluruh Staf Komando Latihan, Pengawas Latihan dan Seluruh Unsur Pelaku agar bersungguh sungguh dalam melaksanakan latihan serta tetap mengutamakan safety dan Lambangja agar latihan dapat berjalan lancar dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan

Koopsau IIIPenkoopsau III

“Latihan ini merupakan latihan pertama untuk Koopsau III dan jika dikaitkan dengan situasi pandemi COVID-19 saat ini, maka latihan kali ini dilaksanakan dalam bentuk OMSP yang mendekati real. Latihan ini akan meningkatkan kemampuan para pelaku latihan beserta instansi Pemerintah Daerah yang terlibat dalam latihan,” kata Pangkoopsau III.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *