Aero L-39NG raih sertifikat penggunaan di dinas militer

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat jet latih Aero Vodochody L-39NG telah meraih sertifikasi dari Otoritas Penerbangan Militer Kementerian Pertahanan Republik Ceko untuk penggunaanya di dinas militer.

Sertifikat dikeluarkan berdasarkan hasil positif dari seluruh uji di darat dan uji penerbangan yang telah dilaksanakan.

Seperti halnya L-39 Albatros yang sangat legendaris digunakan di sekolah penerbangan, L-39NG berhasil meraih sertifikasi kurang dari dua tahun setelah peluncuran prototipe pertama.

Untuk diketahui prototipe L-39NG diluncurkan pada 12 Oktober 2018 dan terbang perdana pada 22 Desember 2018.

Aero Vodochody telah melaksanakan sekira 300 uji penerbangan menggunakan dua prototipe terbang dan uji darat secara ekstensif menggunakan dua prototipe statis.

Perusahaan mengatakan, L-39NG merupakan pesawat militer pertama yang disertifikasi sesuai dengan standar militer supranasional baru (EMAR 21 dan EMACC). Artinya, sertifikasinya diakui oleh semua otoritas militer di Uni Eropa dan NATO.

L-39NG mampu memenuhi semua persyaratan untuk pelatihan pilot modern. Kelebihan lainnya, biaya pengoperasian pesawat ini dinilai sangat kompetitif.

Presiden dan CEO Aero Vodochody, Dieter John mengatakan, sertifikasi L-39NG akan meningkatkan minat calon pengguna terhadap pesawat ini.

“Kami yakin sertifikasi ini akan menambah pesanan di masa mendatang yang akan dapat kami umumkan segera,” ujarnya pada 18 September 2020.

L-39NG menggunakan mesin modern Williams International FJ44-4M yang disuplai melalui TAP Blue Engine Support Service.

Avionik pesawat dirancang untuk pelatihan pilot pesawat generasi ke-4 dan ke-5 di masa depan. Sementara untuk persenjataan dapat dibawa menggunakan lima gantungan beban eksternal.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *