Di luar tradisi, ANG terima jet tempur terbaru

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Baru-baru ini Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) mengumumkan satuan pertama yang akan menerima dan mengoperasikan jet tempur terbaru F-15EX Advanced Eagle yang dimulai sekitar tahun 2022 – 2023.

Unit-unit yang beroleh kehormatan itu adalah 114th Fighter Squadron (bagian dari 173rd Fighter Wing) dan 123rd Fighter Squadron “Redhawks” (bagian dari 142nd Fighter Wing) yang merupakan satuan Oregon Air National Guard (garda udara nasional negara bagian Oregon).

Keputusan ini di luar kebiasaan yang berlaku, di mana satuan USAF biasanya menerima lebih dulu jet tempur tipe terbaru, sementara satuan-satuan garda udara nasional (ANG) menyusul kemudian.

Seperti diketahui, ANG merupakan satuan militer (milisi) negara bagian yang dalam kesehariannya berada di bawah kendali gubernur negara bagian AS. Namun satuan udara ini bisa sewaktu-waktu diambil alih kendali oleh militer AS menurut hukum federal (istilahnya: di-federalisasi) dan ditempatkan sesuai kebutuhan pada struktur organisasi USAF.

173rd Fighter Wing Oregon ANG akan menerima F-15EX pertama kali dan bertugas melatih pilot-pilot baik USAF maupun ANG yang akan mengoperasikan jet tempur keluarga tercanggih F-15 tersebut.

Wing yang berpangkalan di Pangkalan Angkatan Udara Kingsley Field di Klamath Falls, Oregon, tersebut selama ini memang memiliki tugas sebagai unit konversi dan latih bagi pilot-pilot armada F-15C/D, yang saat ini masih dioperasikan tiga skadron tempur USAF (pada satu wing di Jepang dan satu wing di Inggris) serta sejumlah skadron tempur ANG.

Sekitar setahun setelah proses program konversi F-15EX dimulai oleh 173rd Fighter Wing, maka unit operasional pertama ditargetkan beroperasi pada 2023 yaitu 23rd Fighter Squadron “Redhawks”, 142nd Fighter Wing, juga bagian dari Oregon ANG.

Dalam dua dekade terakhir, ini kali pertama satuan ANG menerima dan mengoperasikan jet tempur tipe terbaru dalam jajaran militer AS.

Antonius KK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *