Boeing luncurkan F-15QA Ababil, jet tempur canggih pesanan Qatar

F-15QA AbabilBoeing

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Boeing bekerja sama dengan Angkatan Udara AS (USAF) dan Angkatan Udara Qatar Emiri (QEAF) meresmikan penamaan dan peluncuran jet tempur F-15QA Ababil pesanan Qatar.

Peluncuran F-15QA dilaksanakan di fasilitas Boeing, St. Louis, Missouri pada 25 Agustus 2021.

Pesawat pertama rencananya akan dikirimkan oleh Boeing ke Qatar pada akhir tahun ini setelah pendidikan pilot-pilot F-15QA selesai dilaksanakan.

Wakil Presiden Program F-15 Boieng Prat Kumar mengatakan, F-15QA Ababil merupakan F-15 dengan teknologi generasi berikutnya yang canggih.

Pesawat ini dilengkapi sistem kontrol penerbangan fly-by-wire, kokpit digital serba kaca, sensor kontemporer, radar, dan kemampuan peperangan elektronik.

Bagi Angkatan Udara Qatar, ujarnya, F-15QA juga mewakili lompatan transformasional untuk F-15.

“F-15QA akan meningkatkan keunggulan QEAF dengan kecepatan, jangkauan, dan muatan lebih dari pesawat tempur mana pun di dunia,” ujar Kumar seperti dikutip dari siaran pers Boeing.

Ia menambahkan, Boeing akan mendirikan dan mengoperasikan pusat pelatihan awak pesawat dan pemeliharaan untuk QEAF di Pangkalan Udara Al Udeid di Qatar hingga tahun 2024.

Boeing juga akan suku cadang dan dukungan logistik pesawat dalam negeri setelah pesawat dikirim.

Sementara itu, USAF menilai peluncuran F-15QA sangat penting artinya untuk kemitraan antara Amerika Serikat dan Qatar.

“Peluncuran F-15QA sangat penting, tidak hanya dalam hal kemampuan tetapi juga dalam hal kemitraan yang ditingkatkan yang diwakilinya,” kata Letjen Greg Guillot, Komandan Angkatan Udara ke-9.

Ditambahkan, hubungan AS dan Qatar juga sangat penting untuk menjaga stabilitas dan keamanan wilayah.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *