USAF kirim tiga pembom siluman B-2 Spirit ke Diego Garcia

B-2 SpiritPACAF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) telah mengirimkan tiga unit pembom siluman B-2 Spirit dari 509th Bomb Wing di Whiteman Air Force Base, missouri ke Pulau Atol Diego Garcia di Samudra Hindia.

Pacific Air Force (PACAF) memberitakan, tiga B-2 tiba di fasilitas pendukung angkatan laut Diego Garcia pada Rabu, 12 Agustus 2020, setelah melakukan penerbangan selama 29 jam dari markasnya.

Penerbangan ketiga pembom tersebut juga menunjukkan kesiapan USAF dalam mengerahkan kekuatan strategisnya ke seluruh pelosok dunia.

Pengerahan tiga pembom B-2 ke Diego Garcia juga dalam rangka mendukung keamanan di kawasan Indo Pasifik.

Ditambahkan, meski dalam situasi pandemi COVID-19 USAF tetap siaga dan siap mengerahkan kekuatannya.

“Satuan tugas pembom ini adalah Strategi Pertahanan Nasional kami yang sedang menunjukkan aksinya,” kata Letkol Christopher Conant, Komandan Satuan Tugas, dalam rilisnya.

“Kami mengasah sifat mematikan kami sambil memperkuat hubungan dengan sekutu utama, mitra, dan rekan tim layanan saudara kami,” ia menambahkan.

Satuan Tugas pembom B-2 terakhir dikerahkan ke wilayah INDOPACOM pada Januari 2019. Saat itu tiga B-2 dan sekitar 200 penerbang dikerahkan ke Pangkalan Gabungan Pearl Harbor-Hickam di Hawaii.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *