Kerja sama terus berlanjut, Ukraina dan Swedia mengadakan pembicaraan untuk pembelian baru sejumlah CV90 IFV

CV90Istimewa
ROE

UKRAINA DAN SWEDIA baru-baru ini telah mencapai kesepakatan untuk pengadaan kendaraan tempur Infanteri (IFV) CV90 buatan Swedia. Pengumuman ini dibuat setelah pertemuan di Kyiv, yang dihadiri oleh pejabat dari Kementerian Pertahanan dan Administrasi Materiel Pertahanan Swedia.

Tidak ada rincian yang diberikan mengenai persyaratan keuangan dan kewajiban Ukraina dalam berpartisipasi dalam proyek tersebut, meskipun harga rata-rata CV90 adalah sekitar 9 juta dolar AS, merujuk Army Recognition.

Boeing_contoh2

Dmytro Klimenkov, Wakil Menteri Pertahanan Ukraina, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Swedia atas dukungannya yang tak tergoyahkan selama konflik dan atas kerja sama yang bermanfaat antara kedua negara.

Dia menyatakan bahwa perjanjian tersebut tidak hanya akan memungkinkan pasokan senjata satu kali tetapi juga kerja sama yang luas dalam industri pertahanan, termasuk lokalisasi produksi di masa depan di Ukraina.

Selain sejumlah pembelian baru ini, sebelumnya pada Desember 2023, Kementerian Pertahanan Swedia, Paul Johnson, mengumumkan bahwa 50 CV90 telah dikirim ke Ukraina. Sebagian besar merupakan kendaraan yang sebelumnya pernah digunakan oleh pasukan Swedia di Liberia dan Afghanistan.

Mengenai CV90 (Combat Vehicle 90) merupakan kendaraan tempur infanteri yang dikembangkan oleh Swedia di akhir 1980-an. Versi produksi CV90 dimulai pada tahun 1993 dan mulai beroperasi di Angkatan Darat Swedia pada tahun yang sama.

Kendaraan tempur roda rantai ini dibangun dengan menggabungkan mobilitas tinggi, daya tembak yang besar, dan perlindungan efektif terhadap ancaman medan perang.

CV90 dikenal karena kemampuannya beroperasi dalam kondisi iklim ekstrem, mulai dari iklim panas di gurun hingga di Arktik yang dingin.

Sebagai penggebuk, ranpur ini dilengkapi dengan kanon utama Bofors 40 mm dan dapat membawa hingga delapan tentara selain awaknya.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *