Russian Helicopters Tunggu Kontrak Besar Heli Serang Ka-52M

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Russian Helicopters, bagian dari Rostec, sedang menunggu penandatanganan kontrak helikopter intai dan serang Kamov Ka-52M Alligator dalam jumlah besar.

Kontrak dijadwalkan akan ditandatangani tahun depan.

Untuk diketahui, pada Agustus lalu Kementerian Pertahanan Rusia telah melakukan penandatanganan kontrak untuk 96 heli serang Mi-28NM. Sementara itu, pada Mei lalu, TASS yang mengutip pernyataan Menteri Pertahanan Rusia Alexei Krivoruchko memberitakan bahwa kementerian pertahanan juga sedang mempersiapkan penandatanganan kontrak untuk 115 Ka-52M pada 2020.

CEO Russian Helicopters Andrei Boginsky dikutip oleh TASS menyatakan, saat ini proses upgrade heli Mi-52 mulai dilaksanakan.

“Kami berharap mendapatkan kontrak tahun depan. Kami akan berupaya untuk mendapatkan kontrak dalam jumlah yang besar seperti untuk Mi-28. Sehingga, kami mendapatkan kontrak jangka panjang,” ujar Boginsky.

BACA  Rusia Siap Pasok Turki dengan Su-35 dan Su-57
Ka-52
Russian Helicopters

Pengadaan 96 heli Mi-28NM oleh Russian Helicopters bagi Kementerian Pertahanan Rusia akan dipenuhi hingga tahun 2029.

Adapun Ka-52M merupakan modernisasi dari Ka-52M. Heli ini dilengkapi dengan avionik terbaru dan sistem perlindungan diri. Ka-52 sendiri telah terbukti kiprahnya di medan tempur Suriah.

Ka-52 dilengkapi dengan beragam persenjataan. Mulai dari kanon 30 mm, roket tak berpemandu, hingga rudal antitank.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *