Puspotdirga gelar kegiatan “Cinta Dirgantara” dengan protokol kesehatan

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pusat Potensi Dirgantara (Puspotdirga) TNI Angkatan Udara menggelar kegiatan “Cinta Dirgantara” di Pusat Pendidikan Kedirgantaraan Gerakan Pramuka (Pusdirga), Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (8/8/2020). Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan menghadirkan atraksi aerobatik pesawat Pitts S-2C oleh Mardsya (Purn) Eris Herryanto, joy flight menggunakan pesawat trike oleh Puspotdirga, pengenalan kedirgantaraan, pameran, dan kegiatan fotografi.

Turut hadir dalam acara ini mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal (Purn) Chappy Hakim. Pendiri Pusat Studi Air Power Indonesia (PSAPI) ini menyumbangkan sejumlah buku kedirgantaraan hasil karyanya kepada Pusdirga.

Chappy Hakim mengatakan, selama masa pandemi COVID-19 kegiatan-kegiatan pembinaan kedirgantaraan tetap diupayakan bergulir dengan segala keterbatasan.

“Tentunya kita menyesuaikan dengan protokol kesehatan dan kita tetap menjaga bahwa kesehatan itu nomor satu,” ujar KSAU periode 2002-2005 yang aktif dalam kegiatan seminar virtual semasa pandemi COVID-19 ini.

Ditambahkan, bentuk-bentuk pembinaan kedirgantaraan yang dilakukan selama ini banyak ragamnya. Antara lain adalah melalui kegiatan-kegiatan virtual.

“Untuk kegiatan-kegiatan di lapangan dapat dilaksanakan secara terbatas dengan disiplin, karena kunci dalam bidang penerbangan adalah disiplin,” jelas Chappy.

Senada dengan Chappy Hakim, Pendiri Pusdirga Marsdya (Purn) Eris Herryanto mengatakan, kegiatan penerbangan di Pusdirga tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Cinta Dirgantara Pusdirga
Rachmat Kartakusuma/AR

“Kegiatan penerbangan di Pusdirga tetap dilaksanakan, karena mau tidak mau kita harus me-maintain skill. Karena namanya orang terbang, itu adalah skill. Yang penting, aturan-aturan protokol kesehatan dari pemerintah kita laksanakan,” ujar penerbang aerobatik sipil paling senior di Indonesia ini.

Untuk pesawatnya sendiri, kata Eris, selama masa pandemi ini ditempatkan di hanggar dan dirawat oleh orang-orang tertentu dan tidak banyak orang yang masuk ke hanggar sehingga aman dari penyebaran virus corona.

Cinta Dirgantara Pusdirga
Dispenau

Sementara itu Sekretaris Pusat Potensi Dirgantara (Sespuspotdirga) Kolonel Pnb Migdiawan mengatakan, kegiatan “Cinta Dirgantara” dilaksanakan oleh Puspotdirga untuk sosialisasi/kampanye cinta dirgantara kepada generasi muda dan komunitas kedirgantaraan.

Dalam kegiatan ini Puspotdirga mengundang Saka Dirgantara, komunitas fotografer aviasi, Airspace Review, dan komunitas pembaca Majalah Angkasa yang diterbitkan oleh Dinas Penerangan Angkatan Udara.

Simulator Pesawat di Pusdirga
Roni Sontani/AR

Dari TNI AU turut hadir juga dalam kegiatan ini adalah Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Fajar Adriyanto dan Paband II/Puanpotdirga Spotdirga Kolonel Pnb Agung Sasongkojati.

Dari Kementerian Perhubungan, sebagai salah satu pehobi dirgantara, Kapuslitbang Transportasi Udara Capt. Novyanto Widadi juga hadir dalam acara ini.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *