Sang Penulis Kedirgantaraan sumbangkan buku-bukunya kepada Pusdirga

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Setelah menyumbangkan ribuan bukunya kepada sejumlah instansi sipil dan TNI Angkatan Udara, kali ini Sang Penulis Kedirgantaraan, Marsekal (Purn) Chappy Hakim, menyumbangkan puluhan buku hasil karyanya kepada Pusat Pendidikan Kedirgantaraan Gerakan Pramuka (Pusdirga) di Cibubur, Jakarta Timur pada Sabtu, 8 Agustus 2020.

Sebelum ini Chappy Hakim menyumbangkan buku-buku hasil tulisannya, di antaranya kepada Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) yang kini bernama Politeknik Penerbangan Indonesia Curug (PPI Curug), TNI Angkatan Udara, Universitas Suryadarma, dan perpustakan Ikatan Alumni Pertahanan Indonesia (IKAHAN) di Kedutaan Besar Australia di Jakarta.

Chappy Hakim mengingatkan bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan di mana moda transportasi udara menjadi sangat penting di negeri ini.

Penyerahan Buku-buku Chappy Hakim
Roni Sontani/AR

Dengan menyumbangkan buku-bukunya untuk melengkapi berbagai perpustakaan di negeri ini, diharapkan dapat makin meningkatkan minat kedirgantaraan di kalangan generasi penerus bangsa.

Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang juga pendiri Pusat Studi Air Power Indonesia (PSAPI) ini juga senantiasa mengingatkan bahwa udara dan ruang angkasa (air and space) merupakan masa depan kita semua.

Untuk itulah ia ingin menggugah segenap generasi muda untuk mencintai kedirgantaraan dan menjadi bagian darinya.

Sumbangan-buku-Chappy-Hakim-kepada-Pusdirga
Roni Sontani/AR

Chappy Hakim, selama masa pandemi COVID-19, aktif di berbagai kegiatan webinar maupun kegiatan diskusi virtual bidang kedirgantaraan.

Penyerahan buku kepada Pusdirga dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan “Cinta Dirgantara” yang diselenggarakan oleh Pusat Potensi Dirgantara (Puspotdirga) TNI AU di Pusdirga Cibubur.

Kegiatan “Cinta Dirgantara” menampilkan penerbangan aerobatik, pameran pesawat statik, joy flight menggunakan trike, sosialisasi kedirgantaraan, dan kegiatan fotografi. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan aturan-aturan protokol kesehatan dari pemerintah.

Buku-buku Chappy Hakim
Rachmat Kartakusuma/AR

Pendiri Pusdirga, Marsdya (Purn) Eris Herryanto menyambut baik sumbangan buku dari Chappy Hakim. Ia mengatakan, dengan adanya tambahan buku-buku dari mantan orang nomor satu di TNI AU ini dapat makin menggairahkan kegiatan pendidikan bidang kedirgantaraan di Pusdirga.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pak Chappy dan sumbangan buku-bukunya kepada Pusdirga,” ujar mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Republik Indonesia ini.

Roni Sontani/AR

Turut hadir dalam acara ini adalah Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Fajar Adriyanto, Sespuspotdirga Kolonel Pnb Migdiawan, Paban II Puanpotdirga Spotdirga Kolonel Pnb Agung Sasongkojati, dan Kapuslitbang Transportasi Udara Balitbang Kemenhub Capt. Novyanto Widadi.

Puspotdirga juga mengundang Satuan Karya Pramuka (Saka) Dirgantara dan sejumlah komunitas kedirgantaraan dalam acara ini.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *