Gantikan Hornet, Blue Angels sambut pesawat baru F/A-18E Super Hornet

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Proses transisi dari pesawat lama F/A-18 Hornet (varian A/B/C/D) ke pesawat baru F/A-18E/F Super Hornet akan segera dimulai di tim aerobatik Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) yaitu Blue Angels.

Pada Senin, 27 Juli 2020, satu pesawat pertama F/A-18E telah tiba di markas Blue Angels di NAS Pensacola, Florida.

Pesawat diterbangkan dari Boeing Cecil Field di Jacksonville, Florida ke rumah barunya di Pensacola oleh mantan komandan Blue Angels (2018-2019) Kolonel Eric Doyle.

Saat ini Doyle menjabat sebagai Direktur Tim Transisi Super Hornet di tim Blue Angels.

Ia juga bertugas membantu mengawasi dan menguji semua sistem modifikasi pesawat Super Hornet oleh Boeing yang akan digunakan Blue Angels.

Proses transisi dijadwalkan mulai dilaksanakan pada akhir tahun ini. Transisi ke Super Hornet dilakukan oleh Blue Angels setelah 34 tahun menggunakan Hornet sejak 1986.

Seperti diketahui, pada 13 Agustus 2018 Departemen Pertahanan Amerika Serikat telah mengumumkan modifikasi Super Hornet untuk Blue Angels senilai 17 juta dolar AS.

Blue Angels bakal menggunakan 11 jet F/A-18E/F Super Hornet untuk menggantikan armada lama F/A-18 Hornet.

Sebelas Super Hornet tersebut terdiri dari 9 F/A-18E dan 2 F/A-18E. Seluruh proses pengerjaan akan selesai pada Desember 2021.

Pengerjaan modifikasi antara lain meliputi pencopotan kanon internal di bagian depan pesawat, penambahan tanki smoke-oil, serta instalasi pedal yang sesuai untuk kontrol kemudi agar pesawat bisa diajak bermanuver lebih lincah mendukung formasi-formasi terbang.

F/A-18E Super Hornet
USN

Di tahun 2020 ini, akibat pandemi COVID-19, Blue Angels telah membatalkan sejumlah jadwal penampilannya. Tim pun hanya akan melaksanakan tiga kali penampilan.

Ketiga jadwal penampilannya tersebut adalah di Pekan Armada Maryland dan Pameran Kedirgantaraan Baltimore pada 12-13 September, Pameran Kedirgantaraan di Pangkalan Angkatan Laut Ventura pada 3-4 Oktober, dan Pameran Kedirgantaraan Blue Angels pada 16-17 Oktober di NAS Pensacola.

Minggu lalu, Blue Angles juga telah mengumumkan empat pilot barunya hasil penyeleksian yang ketat.

Sementara tujuh pilot Blue Angels saat ini masih akan melaksanakan tugasnya hingga tahun depan.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *