Aksi pesawat, trike, dan paramotor meriahkan New Normal di udara

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI) dengan pembinaan oleh TNI Angkatan Udara, pada Sabtu 20 Juni 2020, memulai kembali kegiatan olahraga dirgantara memasuki era New Normal di udara akibat wabah COVID-19.

Sejumlah pesawat sayap tetap (fixed wing), trike (flex wing), dan paramotor (paralayang bermotor) pun memeriahkan udara Jakarta dengan melaksanakan penerbangan dari tiga tempat menuju kawasan wisata Ancol di Jakarta Utara.

Tiga pesawat sayap tetap (fixed wing) dengan call sign “Cessna Flight” lepas landas dari Lapangan Terbang Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Terdiri dari Cessna 172 PK-IFD, Cessna 152 PK-IFC, dan Cessna 152 PK-S371.

Trike penerbangan covid-19
Aditya Pradana Putra/Antara

Kemudian empat trike dengan call sign “Trike Flight” terbang dari Lapangan Terbang Pusdirga, Cibubur, Jakarta Timur. Terdiri dari Airborne 912 (PK-S500), Aquilla 582 (M-5801), Aquilla 582 PK-S085, dan Air Creation M-9106.

banner COVID FASI
Aditya Pradana Putra/Antara

Sementara untuk paramotor, penerbangan dilaksanakan langsung dari kawasan Ancol.

Dilaksanakannya kembali penerbangan di masa COVID-19 setelah tiga bulan terhenti, merupakan upaya TNI AU dan FASI untuk kembali menggairahkan olahraga dirgantara di Tanah Air.

TNI AU dan FASI tetap mengutamakan keselamatan dan protokol kesehatan dalam melaksanakan seluruh kegiatan ini.

Paramotor terbang lagi di era New Normal
Paramotor Indonesia WAG

TNI AU mengatakan, penerbangan ini dilaksanakan untuk memberikan apresiasi kepada para tim medis COVID-19 yang telah melaksanakan dedikasi di garda terdepan.

Paramotor di Ancol terbang lagi di masa new normal
Paramotor Indonesia WAG

Kegiatan ini juga untuk mengingatkan agar seluruh komponen bangsa tetap waspada terhadap virus corona yang sangat berbahaya di seluruh dunia.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *