Zastava M20, kendaraan tempur MRAP terbaru Serbia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Di tengah masa pandemi COVID-19, perusahaan Zastava TERVO (TERenska VOzila atau Terrain Vehicle) berhasil meluncurkan kendaraan tempur (ranpur) terbaru M-20 6X6.

Peluncuran dilaksanakan saat kunjungan Menteri Pertahanan Aleksandar Vulin dan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Serbia Jenderal Milan Moysilovic pada 17 Juni 2020 di Kragujevac, Serbia.

M-20 merupakan ranpur jenis MRAP (Mine Resistant Ambush Protected) yang dirancang untuk transportasi yang aman dan memiliki tingkat perlindungan balistik dan anti-ranjau yang tinggi.

Kendaraan didasarkan pada sasis truk  2228 yang diproduksi oleh Fabrika Automobila Priboj (FAP). M-20 dirancang bersama oleh Institut Teknis Militer Belgrade dan Zastava TERVO yang menjalankan proses manufakturnya.

Zastama M20 MRAP
Serbian MoD

Sebagai tenaga penggerak M-20 dibekali mesin diesel Daimler Chrysler OM 906 berdaya 279 hp yang disandingkan dengan transmisi otomatis ZF 9S 109.

M-20 dapat mengangkut 3 awak ditambah 9 tentara bersenjata lengkap. Selain versi angkut (APC), M-20 juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan misi berkat desain modularnya.

zastava M20
Serbian MoD

Untuk persenjataan beladiri, M-20 dibekali senapan mesin kaliber 12,7 mm yang dioperasikan secara manual. Sebagai opsional bisa dipasangkan sistem RCWS dan senjata dengan kaliber yang lebih besar.

Kehadiran M-20 6X6 sendiri akan melengkapi ranpur MRAP buatan lokal yang telah digunakan Angkatan Darat Serbia sebelumnya yakni M-16 Milos 4X4 dan Lazar 8X8.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *