Pangkoopsau II memotivasi segenap kru pesawat di Lanud Abdulrachman Saleh

OV-10 Skadron Udara 21Penlanud Abd

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) II, Marsekal Muda TNI Minggit Tribowo, memotivasi segenap kru pesawat (ground crew) di Lanud Abdulrachman Saleh (Abdulrachman Saleh AFB), Malang, Jawa Timur.

Pengarahan disampaikan kepada sekitar 60 kru pesawat di lanud tersebut.

Kedatangan Pangkoopsau II di Lanud Abdulrachman Saleh disambut oleh Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsekal Pertama TNI Hesly Paat.

Pangkoopsau II menekankan, beberapa kejadian menyangkut kegiatan penerbangan TNI AU beberapa waktu lalu, hendaknya menjadi pembelajaran bagi para penerbang dan navigator agar lebih waspada sehingga penerbangan tetap berlangsung dengan aman.

“Penerbang merupakan eksekutor di lapangan dalam operasional penerbangan, sehingga perlu alert, profesional dalam tugasnya, juga senantiasa berkomunikasi dengan ground crew agar keselamatan terbang dapat diwujudkan,” kata Pangkoopsau II.

Pengarahan-Pangkoopsau-II-di-Lanud-Abd
Penlanud Abd

Ia menyatakan, profesi penerbang merupakan anugerah yang wajib disyukuri. Untuk itu core business sebagai penerbang dalam kegiatan penerbangan harus diwujudkan dengan sebaik-baiknya.

“Laksanakan tugas dengan baik, fokus, alert (waspada/hati-hati), teliti dan banyak belajar dari senior”, ujarnya.  

Usai memberikan pengarahan, Pangkoopsau II mengunjungi Skadron Udara 21. Di skadron ini ia pernah berkarier sebagai penerbang pesawat OV-10 Bronco yang kini digantikan oleh pesawat EMB-314 Super Tucano.

Kunjungan kemudian dilanjutkan ke Skadron Udara 4 yang mengoperasikan pesawat NC-212 dan ke Skadron Udara 32 yang mengoperasikan pesawat C-130 Hercules.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *