Produsen truk berat dari Belarusia sebut Indonesia mitra terpenting

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Produsen truk berat asal Belarusia, BelAZ (BELAZ), menyebut Indonesia sebagai salah satu mitra terpentingnya. Perusahaan teknik mobil ini merupakan salah satu perusahaan unggulan di Belarusia yang selalu mendapat perhatian penuh dari negara. Sekitar 95% produknya diekspor ke luar negeri.

Kedutaan Besar (Kedubes) Belarusia di Jakarta dalam rilis resminya yang diterima Airspace Review, Jumat (19/6) menyebutkan, BelAZ sangat tertarik dengan kawasan Asia dan Amerika Latin.

Selama lima tahun terakhir Indonesia secara konsisten menjadi salah satu negara dari tiga pasar terbesar untuk peralatan pertambangan.

“Selama empat tahun terakhir, BelAZ telah mengirimkan lebih dari 50 kendaraan dengan kapasitas angkut 110-130 ton ke Indonesia,” tulis Kedubes Belarusia.

Kedubes menambahkan, saat ini BelAZ sedang melakukan pengembangan produk barunya di mana perusahaan telah mengerjakan robotisasi selama bertahun-tahun.

BelAZ telah menjual beberapa truk angkut 130 ton tak berawak pertama ke Perusahaan Energi Batubara di Siberia, Rusia yaitu SUEK.

Kendaraan-kendaraan tersebut sedang menjalani pengujian di Republik Khakassia, Federasi Rusia.

Pada tahun ini, BelAZ akan memamerkan kendaraan-kendaraan robotiknya di Belarus.

Perusahaan juga berencana mengirim truk pengangkut berbobot 90 ton dan sebuah loader yang dioperasikan dari jarak jauh.

Pengembangan lainnya adalah dump truck bertenaga listrik. Perusahaan menyebutkan, BelAZ telah merancang truk troli diesel, truk troli listrik, dan truk sampah listrik.

Troli diesel dan truk troli listrik menggunakan listrik eksternal yang disuplai dari kanal troli.

BelAZ berharap terjadi peningkatan minat terhadap produk-produk barunya, khususnya dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *