2 Pilot F-35A Didikan Mandiri RAAF Mulai Terbangkan Si Petir

AIRSPACE-REVIEW.com –  Angkatan Udara Australia (RAAF) telah berhasil melaksanakan pendidikan transisi secara mandiri dua pilot F-35A Lightning II di dalam negeri. Kedua pilot pun kini sudah memulai tugasnya sebagai penerbang tempur F-35A selepas lulus pada 15 Juli lalu.

Sejauh ini, pendidikan pilot F-35A RAAF dilaksanakan di ‘sekolah’ Skadron Tempur Internasional ke-61, Luke Air Force Base, Arizona atau di Pusat Pelatihan Terpadu (ITC), Eglin Air Force Base, Florida, Amerika Serikat (AS).

Pendidikan pilot F-35A oleh RAAF di Australia, dilaksanakan di Skadron 3 yang berlokasi di Williamtown dekat Newcastle. Kedua pilot yang menjalani pendidikan transisi F-35 ini, sebelumnya adalah penerbang jet tempur RAAF lainnya.

Pendidikan transisi ‘Si Petir’ terasa unik karena jet siluman buatan Lockheed Martin ini memang hanya memiliki satu kursi (single seat). Oleh karenanya, siswa pilot digembleng terlebih dahulu menggunakan simulator pesawat ini.

F-35A RAAF
MoD MoD

RAAF memiliki simulator F-35A di ITC Williamtown. Para pilot melaksanakan pendidikan transisi selama dua bulan untuk pendidikan kelas dan pelatihan di simulator sebelum melaksanakan penerbangan di pesawat aslinya.

Mengutip pemberitaan AustralianAviation.com.au (29/7), Komandan Skadron 3 Wing Commander (Letkol) Darren Clare menyatakan kebanggaannya bisa menghasilkan dua pilot F-35A didikan dalam negeri.

“Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami bisa menghasilkan dua pilot pertama F-35A hasil pendidikan di Australia,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan mampu menghasilkan pilot sendiri di dalam negeri, merupakan kontribusi yang besar bagi terciptanya kesiapan Skadron F-35A RAAF sebagaimana yang direncanakan.

RAAF sendiri masih menjalankan program pengiriman pilotnya ke AS untuk pendidikan F-35A.

RAAF saat ini mengoperasikan 4 F-35A di RAAF Base Williamtown. Dua pesawat pertama (bernomor A35-009 dan A35-010) diterima RAAF pada Desember 2018. Sementara dua lainnya (A35-010 dan A35-011) diterima pada April 2019.

F-35A RAAF di Luke AFB/MoD

Pada akhir tahun ini RAAF kembali akan menerima tambahan 6 F-35A dari Lockheed Martin.

Sementara 10 unit F-35A RAAF yang ditempatkan di Luke AFB masih akan digunakan hingga akhir 2021 guna mendukung pendidikan transisi pilot Lightning II RAAF di AS.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *