Selain Su-35S, Su-30SM Akan Lengkapi Resimen Tempur Udara Tver Region

AIRSPACE-REVIEW.com – Beberapa hari lalu Airspace Review menulis berita mengenai Su-35 yang telah melengkapi Resimen Tempur Udara Distrik Militer Barat Rusia di Tver Region.

Kantor Berita Rusia TASS pada 31 Juli melaporkan, sedikitnya enam unit jet tempur tercanggih keluarga Su-27 ini telah diserahkan oleh pabrik pembuatnya di Komsomolsk-on-Amur (KnAAPO) kepada resimen udara tersebut.

Sebelumnya, para pilot yang akan menerbangkan Su-35S telah melaksanakan pelatihan menggunakan simulator di Lipetsk, 438 km sebelah tenggara Moskow.

MoD Russian MoD

Tidak hanya Su-35S, Kementerian Pertahanan Rusia pun akan melengkapi Resimen tempur Udara Tver Region dengan Su-30SM. Pesawat ini merupakan versi peningkatan kemampuan dari basis Su-30MKI/MKM dengan mesin yang lebih bertenaga. Pesawat akan diserahterimakan mulai 2021.

BACA  Untuk Pertama Kali, Rostec Pamerkan Helikopter Ansat di Paris Air Show 2019

“Distrik Militer Barat akan menerima sejumlah Su-30SM melalui kontrak yang disediakan pemerintah. Pesawat yang dilengkapi mesin AL-41F-1S ini akan diterima pada 2021,” tulis Distrik Militer Barat dalam siaran berita seperti dikutip TASS.com (5/8).

Su-30SM dikembangkan oleh Biro Desain Sukhoi dan dibuat oleh pabrik Irkut Aircraft Corporation. Pesawat memiliki kemampuan mengidentifikasi target-target udara dan sasaran di daratan maupun lautan pada jarak raturan kilometer.

Marina Lystseva Marina Lystseva/TASS

Berbeda dengan Su-35S yang berkursi tunggal, Su-30SM berkursi tandem (depan-belakang). Pesawat yang dilengkapi dengan dua unit sistem aliran sembur jet mesin (thrust vectoring) ini mampu menempuh jarak operasi 1.500 km.

BACA  Tingkatkan daya gempur, USAF borong 790 rudal AGM-158B JASSM-ER

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *