Selain Su-35S, Su-30SM Akan Lengkapi Resimen Tempur Udara Tver Region

AIRSPACE-REVIEW.com – Beberapa hari lalu Airspace Review menulis berita mengenai Su-35 yang telah melengkapi Resimen Tempur Udara Distrik Militer Barat Rusia di Tver Region.

Kantor Berita Rusia TASS pada 31 Juli melaporkan, sedikitnya enam unit jet tempur tercanggih keluarga Su-27 ini telah diserahkan oleh pabrik pembuatnya di Komsomolsk-on-Amur (KnAAPO) kepada resimen udara tersebut.

Sebelumnya, para pilot yang akan menerbangkan Su-35S telah melaksanakan pelatihan menggunakan simulator di Lipetsk, 438 km sebelah tenggara Moskow.

Russian MoD

Tidak hanya Su-35S, Kementerian Pertahanan Rusia pun akan melengkapi Resimen tempur Udara Tver Region dengan Su-30SM. Pesawat ini merupakan versi peningkatan kemampuan dari basis Su-30MKI/MKM dengan mesin yang lebih bertenaga. Pesawat akan diserahterimakan mulai 2021.

“Distrik Militer Barat akan menerima sejumlah Su-30SM melalui kontrak yang disediakan pemerintah. Pesawat yang dilengkapi mesin AL-41F-1S ini akan diterima pada 2021,” tulis Distrik Militer Barat dalam siaran berita seperti dikutip TASS.com (5/8).

Su-30SM dikembangkan oleh Biro Desain Sukhoi dan dibuat oleh pabrik Irkut Aircraft Corporation. Pesawat memiliki kemampuan mengidentifikasi target-target udara dan sasaran di daratan maupun lautan pada jarak raturan kilometer.

Marina Lystseva Marina Lystseva/TASS

Berbeda dengan Su-35S yang berkursi tunggal, Su-30SM berkursi tandem (depan-belakang). Pesawat yang dilengkapi dengan dua unit sistem aliran sembur jet mesin (thrust vectoring) ini mampu menempuh jarak operasi 1.500 km.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *