Rusia asuransikan drone S-70 Okhotnik-B selama uji pengembangannya

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Drone terbaru Rusia, S-70 Okhotnik-B (Hunter), yang dikembangkan oleh Sukhoi Aircraft Company akan diasuransikan selama masa uji pengembangannya.

Okhotnik-B diasuransikan senilai 18 juta dolar AS terhadap faktor kehilangan atau total kerugian konstruktif akibat suatu insiden.

Demikian juga dengan Pos Kendali Darat, turut diasuransikan senilai 2,1 juta dolar AS.

Seperti diberitakan TASS, pengasuransian drone siluman Okhotnik-B dan pos komando daratnya senilai lebih 20 juta dolar AS akan dipahami sebagai tanggung jawab maksimum sesuai kontrak.

Periode uji pengembangan meliputi uji operasi, demonstrasi dan penerbangan pengenalan, penerbangan untuk program pelatihan pilot, engine run, taxiing, pengujian sistem, dan lainnya.

Aplikasi dari asuransi ini akan berlaku selama tujuh bulan sejak kontrak ditandatangani.

Drone berat Okhotnik-B telah melakukan penerbangan perdananya pada 3 Agustus 2019. Penerbangan berlangsung salam 20 menit di bawah kendali operator.

Pada 27 September 2019, Kementerian Pertahanan Rusia memperlihatkan video penerbangan pertama drone Okhotnik-B dengan jet tempur siluman Su-57. Penerbangan dilaksanakan selama 30 menit untuk menguji interaksi radar Su-57 dengan Okhotnik-B.

Okhotnik-B ditenagai satu mesin Saturn AL-31F turbofan afterburner. Drone ini dapat terbang dengan kecepatan maksimum hingga 1.000 km/jam. Sementara jarak jelajah mencapai 6.000 km.

Drone dengan rentang sayap 20 m ini dirancang mampu membawa 2 ton persenjataan di ruang senjata internalnya.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *