22 robot penyapu ranjau Uran-6 bakal diterima pasukan Rusia tahun ini

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebanyak 22 unit robot penyapu ranjau darat, Uran-6, akan diterima oleh pasukan teknik Rusia di tahun ini. Melalui kontrak yang telah ditandatangani dengan Kementerian Pertahanan Rusia, pihak pabrikan telah mengirimkan 12 unit kendaraan darat tanpa awak ini.

“Hingga akhir 2020 ini, engineering troops akan mendapatkan 22 Uran-6, kendaraan penyapu ranjau yang telah di-upgrade,” kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam keterangan yang disampaikan pada Senin, 25 Mei 2020 seperti diberitakan TASS.

Ditambahkan, robot-robot penyapu ranjau darat ini akan diserahkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia kepada Distrik Militer Barat dan Distrik Militer Selatan.

Uran-6 akan diserahkan dengan truk militer Kamaz 65117 berpenggerak roda 8X8 sebagai pengangkut robot ini ke berbagai tempat. Penyiapan robot Uran-6 untui melaksanakan misi operasi hanya membutuhkan waktu 3-4 menit saja.

Uran-6 dapat melaksanakan penyapuan ranjau darat hingga jarak 1 km dari tempat operatornya.

Dengan menggunakan robot penyapu ranjau, maka para personel pasukan teknik Rusia tidak harus langsung terlibat dekat dengan munisi-munisi yang sangat berbahaya tersebut.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *