Thunderbirds dan Blue Angels akan terbang bersama di atas kota-kota AS

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Tim aerobatik Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) Thunderbirds dan tim aerobatik Angkatan Laut Amerika Serikat (USN) Blue Angels, akan berkolaborasi untuk terbang bersama melintasi kota-kota di Amerika Serikat.

Aksi pertunjukan aerobatik dengan tema “America Strong” ini dipersembahkan untuk kota-kota di AS yang saat ini tengah berjuang menghadapi wabah virus corona yang mematikan.

Rencana terbang lintas kedua tim aerobatik kebanggaan Paman Sam tersebut, telah disampaikan langsung oleh Presiden Donald Trump kepada media.

“Dalam beberapa minggu mendatang, tim aerobatik Thunderbirds dan Blue Angels akan terbang melintasi kota-kota besar di Amerika Serikat,” ujar Trump, Kamis (23/4).

Pertunjukan aerobatik oleh pilot-pilot hebat, pria dan wanita, adalah untuk memberikan dukungan kepada para petugas medis dalam melawan COVID dan memenangkannya. “Kita menang dan selalu menang,” lanjut Trump.

Seperti Airspace Review kutip dari pemberitaan Washington Post, tim Blue Angels sudah mempersiapkan diri untuk penampilannya ini sejak Sabtu lalu di markas mereka Pensacola Naval Station, Florida.

Blue-Angels-and-Thunderbirds
MoD

Pejabat militer terkait mengatakan, meski Thunderbirds dan Blue Angels merupakan tim aerobatik, namun tidak akan ada pertunjukan jungkir balik di udara dalam penerbangan mendukung semangat bangsa Amerika Serikat di negerinya itu kali ini. Mereka hanya akan terbang lintas bersama-sama.

Pelaksanaan flypast secara teknis masih menunggu pengesahan dari Menteri Pertahanan. Baru setelah itu kegiatan dapat dilaksanakan.

Disebutkan pula, saat penerbangan lintas pesawat-pesawat aerobatik tersebut, akan dilepaskan asap warna-warni yang melambangkan bendera Amerika Serikat.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *