12 A-29 Super Tucano pesanan Nigeria sudah terbang perdana

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Embraer Defense & Security and Sierra Nevada Corporation (SNC) mengumumkan bahwa 12 A-29 Super Tucano pesawat serang ringan, tempur, dan pengintai untuk Angkatan Udara Nigeria (NAF) telah menyelesaikan penerbangan perdananya.

Penerbangan telah dilaksanakan di fasilitas produksi Jacksonville, Florida, Amerika Serikat. Rencananya, pesawat akan dikirimkan tahun depan.

Sebelum dikirimkan, seluruh pesawat akan menjalani modifikasi misi dan pengujian akhir di Centennial, Colorado. Pilot-pilot NAF pun terlebih dahulu akan melaksanakan latihan menerbangkan pesawat ini sebelum pesawat diserahkan.

CEO dan Presiden Embraer Defense & Security Jackson Schneider mengatakan, produksi A-29 untuk NAF merupakan tonggak yang menarik.

A29 Super Tucano
YouTube

“Ini adalah tonggak yang menarik dalam produksi A-29 untuk Angkatan Udara Nigeria. Lini produksi Jacksonville aktif, Embraer dan SNC berharap dapat melihat pesawat ini terus beroperasi dalam beberapa bulan mendatang,” ujarnya seperi Airspace Review kutip dari pernyataan yang disiarkan di laman Embraer.

Sejauh ini, A-29 telah digunakan oleh 15 angkatan udara di dunia. Kontrak pengadaan 12 A-29 Super Tucano untuk NAF ditandatangani pada Desember 2018.

Selain mendapatkan pesawat, berdasarkan kontrak tersebut Nigeria juga akan mendapatkan paket pelatihan, sistem perencanaan misi, sistem debrief misi, suku cadang, peralatan dukungan darat, dan sebagainya.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *