Pesawat AEW&C gigantis dari Negeri Beruang untuk VKS 2024

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Tahun 2024 Angkatan Kedirgantaraan Rusia (VKS) dijadwalkan akan menerima pesawat AEW&C (airborne early warning and control) gigantis Beriev A-100. Pesawat dengan sebutan Radar Terbang ini menggunakan basis pesawat angkut strategis Il-76.

Beriev A-100 mulai dikembangkan oleh Rusia pada 2014. Tiga tahun kemudian pesawat ini sudah dapat melaksanakan penerbangan perdanya, yaitu pada 18 November 2017.

Untuk menghadirkan A-100, sejumlah modifikasi besar dilakukan pada basis Il-76MD-90A. Di antaranya meliputi instalasi radar aktif Vega ‘Premier’ dengan model piringan berputar di atas badan pesawat.

Radar ini mampu mendeteksi 300 target di udara, laut, maupun daratan hingga jarak 650 km.

Tidak hanya sebagai pesawat detektor, sesuai fungsinya sebagai AEW&C Beriev A-100 juga dapat menjalankan fungsi sebagai pesawat komando udara dan komunikasi berbasis satelit serta pos pengoperasian drone.

Saat ini pesawat baru dijadwalkan untuk melaksanakan serangkaian uji coba sebelum nantinya siap digunakan di layanan dinasnya.

Kementerian Pertahanan Rusia seperti diberitakan Sputnik (9/4) mengatakan, A-100 akan menggantikan peran Beriev A-50 dan A-50U Shmel yang jumlahnya di VKS berkisar 20-an unit.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *