Corak baru jet tempur F-16A TS-1610 Skadron Udara 3

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI AU pada 9 April 2020, publik di Tanah Air khususnya para penggemar dunia penerbangan dan kemiliteran, “dihebohkan” dengan munculnya foto-foto yang menunjukkan corak baru F-16A TS-1610 milik Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur.

Munculnya foto-foto F-16 terbaru ini, cukup mengobati rasa keingintahuan para penggemar untuk melihat corak baru pesawat jet tempur mesin tunggal buatan Amerika Serikat ini.

Berbeda dengan livery (corak warna pesawat/kamuflase) terdahulu yang menggunakan paduan warna hijau toska, kali ini yang terlihat adalah warna paduan abu-abu seperti halnya pesawat-pesawat militer milik Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF).

Warna abu-abu merupakan salah satu warna kamuflase yang banyak digunakan karena warna ini saat berada di langit terbilang dapat mengurangi tingkat visibilitas mata.

F-16 TS-1610 tidak lain adalah F-16A Fighting Falcon Block 15 OCU dari kelompok pengadaan F-16A/B proyek Peace Bima Sena I bersama 11 pesawat lainnya. Indonesia menerima jet F-16 buatan General Dynamics (Lockheed Martin) pertama kali pada Desember 1989.

F-16A TS-1610_Roni Sontani
Roni Sontani/AR

TS-1610 merupakan pesawat pertama dari 10 unit yang telah selesai menjalani program Falcon Star dan eMLU (Enhanced Mid Life Update) di Skadron Teknik (Skatek) 042 Lanud Iswahjudi. Pengerjaan dilaksanakan sendiri oleh para teknisi Skatek 042 dibantu oleh 10 teknisi dari PT Dirgantara Indonesia.

Pengerjaan proyek Falcon Star dan eMLU di Skatek 042 dijadwalkan rampung seluruhnya pada akhir tahun depan. Hal ini seperti dikatakan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., pada 18 Februari lalu di Lanud Iswahjudi usai menyaksikan langsung penerbangan uji perdana TS-1610 hasil program Falcon Star dan eMLU.

Falcon Star merupakan program penguatan struktur pesawat F-16 agar pesawat dapat diterbangkan dengan aman dan mencapai masa pakai maksimal. Sebelumnya, pesawat ini telah digunakan melebihi 6.000 jam terbang rata-rata.

TNI AU

Sementara eMLU  adalah program modifikasi sistem avionik dan sistem persenjataan sehingga pesawat F-16A/B dapat membawa persenjataan yang lebih canggih termasuk rudal udara ke udara AIM-9X dan AIM-120C AMRAAM, Laser JDAM, Targeting Pod, dan lainnya.

Roni Sontani

Catatan redaksi: narasi teks ini sepenuhnya hak Airspace Review, silakan hubungi kami untuk kerja sama bila Anda ingin menggunakannya.

8 Replies to “Corak baru jet tempur F-16A TS-1610 Skadron Udara 3”

  1. Warna paling keren f16 tni au itu menurut saya adalah warna yg dipakai pada saat pertama f16a itu datang dari amerika

      1. Apakah F-16V yang menggunakan avionik barat dan Su-35 yang menggunakan avionik Rusia, bisa saling berbagi informasi secara langsung ya? Network Centric Battle Management System yang saya maksud.. bukan sekedar komunikasi radio antar pilot..
        Mengingat F-22A Raptor saja butuh upgrade untuk bisa inter-operable (data sharing) dengan F-35A/B/C LightningII yang sama2 buatan AS bahkan sama2 buatan perusahaan Lockheed Martin..
        Yang pasti butuh effort yang tidak mudah (meskipun mungkin bisa) untuk membuat “apa yang dilihat F-16V bisa juga dilihat Su-35 dan sebaliknya” saat TNI-AU memadukan kedua jet tempur ini dalam 1 misi pertempuran ato istilahnya inter-operable (data-sharing)..

  2. tetap semangat ksatriaku!.. Teruslah berjuang… meskipun sampe sekarang semua kekuatan tempur kita tetap dipaksa untuk Tidak lebih dari cina singapur dan asutrali….

  3. Warna Livery-nya jadi USAF banget ya?
    Tapi gpp sih.. mungkin warna livery ini warna terbaik utk misi pertempuran udara..
    Bangga deh dengan upgrade F-16A Block 15OCU milik TNI-AU ini..
    sudah bisa bawa senjata yang biasa ditenteng F-16C/D Block 40/42, Block 50/52, Block 50/52+, Block 60 (UAE), F-16I(IDF/AF) yaitu AIM-120C AMRAAM, AIM-9X Sidewinder.. trus targeting pod-nya klo ga salah di foto itu adalah Sniper-XR ya? keren..
    Trs klo udah bawa AIM-9X Sidewinder, mustinya sekalian pilotnya pake JHMCS (Joint Helmet Mounted Cueing System) donk ya??
    Trs kayaknya lebih keren lagi nih, klo misal tambah upgrade untuk Conformal Fuel Tank (CFT) juga nih.. seperti F-16C (yang sama2 single seat dengan F-16A di foto itu ya) milik Hellenic Air Force ato F-16C milik Turkish Air Force.. mereka pasang CFT di F-16 versi single seat-nya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *