Rusia tahun ini tambah dua unit kapal selam Borei-A

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.co) – Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia akan menambah dua unit kapal selam nuklir Project 955A (Borei-A). Kapal selam berpeluru kendali ini akan dibuat oleh Sevmash Shipyard, anak perusahaan United Shipbuilding Corporation.

Penandatanganan kontrak akan dilaksanakan pada Agustus tahun ini bersamaan dengan pelaksanaan Forum ARMY 2020.

“Keputusan sudah dibuat. Penandatanganan kontrak untuk dua tambahan kapal selam Borei-A akan dilaksanakan pada Forum Army 2020. Kapal akan dibuat di Sevmash Shipyard (bagian dari USC) pada 2021. Pembuatan kapal ini merupakan bagian dari program pengadaan senjata hingga tahun 2027,” ujar sumber Kemhan Rusia seperti Airspace Review kutip dari Kantor Berita TASS.

Dua kapal selam Borei-A tambahan, akan menjadi unit ke-9 dan ke-10 dari kapal selam Borei-class yang dimiliki Angkatan Laut (AL) Rusia.

Tiga kapal selam kelas Borei (Projet 955) yang sudah beroperasi adalah Yuri Dolgoruky, Vladimir Monomakh, dan Alexander Nevsky.

Sementara satu kapal selam dari kelas Borei yang sudah ditingkatkan (Project 955A atau Borei-A) yaitu Knyaz Vladimir sedang dalam persiapan pengiriman ke AL Rusia.

Kemudian empat unit Projet 955A lainnya, yaitu Knyaz Oleg, Generalissimus Suvorov, Emperor Alexander III, dan Knyaz Pozharsky masih dalam tahap pengerjaan konstruksi.

Kapal selam nuklir Borei dan Borei-A dirancang oleh Biro Desain Rubin Central for Marine Engineering.

Seluruh kapal selam ini masing-masing dapat memabwa 16 rudal Bulava dan tabung peluncur torpedo 533 mm.

Perbedaan Borei-A dibanding Borei, terletak pada fitur siluman akustiknya yang lebih baik. Demikian juga dalam hal manuver dan kapabilitas penyelaman di kedalaman.

Sistem kendali persenjataan pada Borei-A juga sudah ditingkatkan.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *