CP-140 Aurora MPA Block IV milik AU Kanada terbang perdana

CP 140 Aurora Block IVRCAF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat patroli maritim Angkatan Udara Kerajaan Kanada (RCAF) CP-140 Aurora MPA (Maritime Patrol Aircraft) Block IV telah melaksanakan penerbangan perdana. Uji terbang dilaksanakan di wilayah Halifax dan Greenwood.

Pemerintah Kanada memodernisasi 14 CP-140 Aurora MPA dalam empat blok. Pengerjaan Block I, II, dan III telah selesai dilaksanakan sebelumnya.

Upgrade ke Block IV meliputi tiga fitur utama. Terdiri dari sistem komunikasi satelit beyond-line-of-sight (BLOS), integrasi jaringan data Link 16, dan penambahan sistem pertahanan diri.

Seperti Airspace Review telaah dari pemberitaan Naval News (22/2/2020), selain mendapat modernisasi CP-140 juga menjalani proses penambahan usia pakai. Yaitu melalui program Aurora Structural Life Extension Project (ASLEP) termasuk penggantian sayap dan penyetabil horizontal.

Dengan proses peremaan tersebut, CP-140 dapat digunakan hingga 10 tahun ke depan atau sampai 2030.

CP-140 Aurora MPA tidak lain adalah pesawat Lockheed P-3 Orion MPA yang dibuat sesuai permintaan RCAF.

Pesawat diawaki oleh dua pilot, satu flight engineer, dua petugas radar pertempuran udara (air combat sensor), dan lima operator radar elektronik terbang (airborne electronic sensor).

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *