Membara, jet Tornado Arab Saudi ditembak rudal kelompok Houthi

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Setelah video penembakan helikopter Mi-17 milik Suriah beredar di internet, kini video tentang tertembaknya jet pembom Tornado IDS milik Angkatan Udara Arab Saudi (RSAF) di Yaman juga mengisi dunia maya.

Kelompok pemberontak Houthi mengaku telah menjatuhkan pesawat itu di Provinsi Jawf, Yaman pada Jumat, 14 Februari.

Sebelumnya di hari yang sama, Juru Bicara RSAF mengatakan, sebuah jet Tornado RSAF jatuh saat melaksanakan misi Dukungan Udara Dekat (CAS) membantu operasi Tentara Nasional Yaman di wilayah Al Jouf.

Pernyataan ini kontra dengan pengkuan kelompok Houthi yang menyebut telah menembak jatuh pesawat itu.

Seperti Airspace Review kutip dari pemberitaan The Aviationist, video yang beredar memperlihatkan sebuah pesawat berhasil dijatuhkan menggunakan sebuah rudal.

Di tayangan video terlihat, pesawat yang terbang pada malam hari tertangkap citranya menggunakan infra merah. Setelah itu terlihat sebuah rudal berbentuk lintasan cahaya meluncur mengarah ke pesawat.

Sebelum rudal mengenai sasaran, pesawat tampak mengeluarkan butiran-butiran cahaya yang disinyalir sebgai flare, pengecoh rudal.

Namun demikian, rudal tetap berbelok mengarah ke sasaran hingga akhirnya pesawat meledak.

Beberapa detik setelah itu terlihat dua objek kecil terlontar dari pesawat. Sementara pesawat yang telah tertembak meluncur jatuh dan akhirnya meledak saat menyentuh tanah.

Diduga, dua objek kecil itu adalah pilot pesawat. Belum dapat dipastikan bagaimana nasib kedua awak Tornado IDS milik RSAF itu.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *