SEAL Team Six evakuasi dua jasad dan kotak hitam dari pesawat E-11A

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pasukan khusus Angkatan Laut Amerika Serikat, SEAL Team Six (DEVGRU), diberitakan berhasil mengevakuasi dua jasad dan kotak hitam dari pesawat komunikasi Bombardier E-11A Battlefield Airborne Communications Node (BACN) milik Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) yang jatuh di Provinsi Ghazni, Afghanistan, Senin.

Proses evakuasi dilaksanakan ke sebuah instalasi militer yang tidak disebutkan namanya. Keberhasilan misi SEAL Team Six dalam misi tersebut diberitakan oleh Newsweek, Selasa.

Sebelum meninggalkan lokasi, pasukan komando US Navy terlebih dahulu menghancurkan barang-barang tersisa di pesawat yang dianggap sensitif menggunakan bahan peledak.

Puing-puing yang ditemukan SEAL di lokasi, dilaporkan merupakan bagian dari pesawat milik Skadron Tempur Elektronik Ekspedisi ke-430 yang berpangkalan di Kandahar, Afganistan.

Diberitakan, sebelum jatuh pada pukul 1 dini hari, pilot pesawat E-11A sempat menyampaikan pemberitahuan mayday dari kokpit pesawatnya.

Untuk diketahui, USAF mengerahkan empat pesawat E-11A di Pangkalan Udara Kandahar, Afganistan.

Bombardier E-11A
AP Pesawat E-11A milik USAF yang jatuh di Afganistan.

Pesawat yang dijuluki sebagai “WiFi” di langit ini berfungsi sebagai konektor jaringan komunikasi di medan pertempuran, terutama menghubungkan komunikasi antara pasukan darat yang berada di celah-celah pegunungan dengan markas komando.

Sesaat setelah pesawat jatuh, kelompok Taliban menyatakan bertanggung jawab atas serangan yang menyebabkan pesawat itu jatuh.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *