Pertama kalinya, FNSS mengungkapkan kendaraan tempur generasi barunya PARS ALPHA 8X8 di World Defense Show 2024 di Riyadh Arab Saudi, intip karakteristiknya

ALPHA 8X8FNSS

PERUSAHAAN pertahanan asal Turkiye FNSS, telah meluncurkan Kendaraan Tempur Lapis Baja (AFV) generasi baru yang disebut sebagai PARS ALPHA 8X8 di World Defense Show (WDS) 2024, yang diadakan di Riyadh, Arab Saudi pada 4-8 Februari 2024.

‚ÄúPARS ALPHA 8×8 mewakili lompatan maju dalam teknologi kendaraan lapis baja. Komitmen kami terhadap inovasi dan pemahaman terhadap lingkungan tempur modern telah mencapai puncaknya pada platform yang memberikan fleksibilitas taktis dan kinerja tempur yang tak tertandingi”, ungkap Nail Kurt, CEO FNSS, seperti diwartakan oleh Defence Turkey.

Sebagai panser generasi baru, PARS ALPHA menggabungkan desain dan teknologi platform canggih untuk meningkatkan mobilitas, kemampuan bertahan hidup, daya tahan, dan kesadaran situasional tinggi.

PARS ALPHA menawarkan mobilitas tingkat lanjut untuk beroperasi di segala medan dalam kondisi cuaca apa pun. Disokong dengan penggerak semua roda 8X8 yang inovatif, kontrol ketinggian pengendaraan, dan sistem kemudi semua gandar.

Suspensi hidro-pneumatik dengan ketinggian pengendaraan yang dapat disesuaikan memungkinkan kelincahan lintas alam yang bandel, serta memiliki radius putar kecil. PARS ALPHA dapat melaju dengan kecepatan lebih dari 115 km/jam, dengan jangkauan operasional lebih dari 800 km.

Kendaraan ini juga menawarkan kinerja dan keandalan yang unggul dengan ketahanan operasionalnya yang lebih lama, mampu menempuh jarak berkendara lintas alam dan jalan raya sejauh 5.000 km tanpa memerlukan perawatan di lapangan.

PARS ALPHA menghadirkan sistem perlindungan yang revolusioner, menawarkan ketahanan yang tak tertandingi terhadap ranjau, IED, ancaman KE, dan proyektil artileri.

Tersedia kursi peredam ledakan ranjau dan posisi pengemudi dan komandan di atas gandar kedua di belakang kompartemen paket daya memperkuat keselamatan kru terhadap ancaman tingkat tinggi di sekitar kendaraan.

Sistem deteksi tembakan, peringatan laser, sistem proteksi aktif soft-kill, dan hard-kill juga dapat diintegrasikan berdasarkan kebutuhan pengguna.

PARS ALPHA juga menggabungkan langkah-langkah pertahanan CBRN (Nuklir, Biologi, Kimia dan Radiasi) tekanan positif dan masker wajah dengan menyediakan lingkungan tertutup di dalam kendaraan.

Fitur ini mencegah kontaminan beracun, memungkinkan anggota kru untuk bertahan hidup dan mempertahankan efisiensi tempur bahkan ketika lingkungan luar berbahaya dan mematikan.

Sebagai panser modern, PARS ALPHA 8X8 mengintegrasikan sistem persenjataan canggih. Mengusung turret kendali jarak jauh (RCT) TEBER-II 30/40 dilengkapi dengan kanon otomatis umpan ganda 30 mm.

Menariknya, kanon 30 mm dapat diganti dengan laras 40 mm hanya dengan mengganti recoil spring dan forward feeder. Sementara untuk senjata sekunder, dapat dipasangi senapan mesin 7,62 mm atau 5,56 mm yang dipasang secara koaksial dan disejajarkan dengan kanon utama.

TEBER-II 30/40 RCT juga diadaptasi untuk menggunakan berbagai sistem antiarmor modern, seperti jenis rudal Semi-Automatic Command to Line of Sight (SACLOS) dan Automatic Command to Line of Sight (ACLOS).

Dua rudal antitank (ATGM) siap tembak didukung oleh sistem pengendalian tembakan onboard. Kemampuan ini memungkinkan keterlibatan ancaman yang terdiversifikasi dengan jangkauan efektif lebih dari 4 km.

Sistem senjata kendali jarak jauh independen (ORCWS) dengan ketinggian tinggi dan depresi rendah 7,62 atau 5,56 mm dipasang di atas turret. Ketinggiannya digunakan untuk melawan ancaman di dataran tinggi di lingkungan perkotaan (gedung, atap, dan lainnya), serta untuk melawan drone yang mendekat dari sudut atas.

ORCWS juga digunakan sebagai penglihatan independen komandan untuk kemampuan pemburu-pembunuh (Hunter killer).

Selain bidang pandang optiknya yang unik, kendaraan ini dilengkapi pula dengan layar dan kamera kesadaran situasional 360 derajat terintegrasi yang memberikan penglihatan siang dan malam bagi awak dan penumpang.

PARS ALPHA 8X8 sesuai dengan logistik militer modern karena dapat diangkut di jalan raya dan kereta api serta kompatibel dengan armada angkutan udara strategis seperti A400M, C-17 Globemaster, dan Il-76.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *