IDEF 2023: Kendaraan Lapis Baja Operasi Khusus FNSS PARS IV 6X6 memasuki layanan Angkatan Darat Turkiye

PARS IV 6X6 SOVFNSS
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pada pameran pertahanan IDEF 2023 di Istanbul, Angkatan Bersenjata Turkiye mengumumkan bahwa mereka telah mulai mengerahkan Kendaraan Operasi Khusus (SOV) yang dikembangkan dari panser PARS IV 6X6.

Diketahui, perusahaan pertahanan FNSS mulai mengirimkan PARS IV SOV gelombang pertama kepada Pasukan Keamanan Turkiye pada 22 November 2022 silam, di fasilitas pabrik FNSS di Gölbaşı Ankara.

Airbus_contoh2

Panser PARS IV SOV ini dikembangkan di bawah proyek “6X6 Mine Protected Vehicle Procurement Project” bekerja sama dengan Asosiasi Industri Pertahanan Turki SSB.

PARS IV SOV ini memberikan kombinasi optimal yang tak tertandingi dari kemampuan bertahan kendaraan MRAP dan mobilitas taktis tinggi kendaraan tempur lapis baja beroda ban.

Selain menawarkan perlindungan balistik dan perlindungan terhadap ranjau/IED yang tinggi, PARS IV SOV juga menerapkan perlindungan menghadapi RPG dengan menerapkan kurungan baja menutupi tubuhnya.

Sebagai senjata pertahanan dan bela diri, PARS IV SOV dilengkapi dengan beberapa sistem senjata yang dirancang untuk menyerang beberapa target secara bersamaan dari segala arah termasuk sasaran di tempat tinggi.

Terdapat dua stasiun senjata yang dikendalikan dari jarak jauh (RCWS) terletak di bagian depan dan belakang kendaraan.

Sistem senjata ini dilengkapi dengan dudukan senjata universal yang memungkinkannya membawa senapan mesin 7,62 mm, 12,7 mm atau peluncur granat otomatis 40 mm.

Sistem stabilisasi dua sumbu memungkinkan penembakan saat bergerak dan untuk menyerang target yang ada di tempat tinggi seperti di atas tebing atau berada dipuncak gedung. Juga bisa menembak target udara ketinggian rendah seperti drone dan helikopter.

PARS IV SOV juga dilengkapi dengan peralatan misi generasi baru yang memastikan efektivitas tempur, perencanaan rute yang lebih aman, komando/kontrol dan penargetan cepat.

Kendaraan telah dirancang untuk membawa unit operasi khusus ke tujuan misi mereka, di mana berbagai ancaman dapat terjadi dan memberikan dukungan tembakan kepada tim di lapangan.

Desain khusus kendaraan memungkinkan kesadaran situasional visual optik maksimum dengan lebih dari 180 derajat untuk pengemudi dan personel yang ditempatkan di bagian depan kendaraan.

Termasuk juga infrastruktur elektronik generasi baru lainnya yang memberikan kesadaran situasional 360 derajat untuk semua anggota tim.

-RBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *