Azerbaijan bermitra dengan Turkish Aerospace untuk memodernisasi jet Su-25

Su-25 AzerbaijanWikimedia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Azerbaijan telah menandatangani kontrak dengan Turkish Aerospace (TUSAS) dari Turkiye untuk meningkatkan kemampuan angkatan udaranya dengan memodernisasi pesawat Su-25.

Penandatanganan kontrak dilaksanakan pada 26 Juli di Pameran Industri Pertahanan Internasional (IDEF’23).

Dikatakan, tujuan utama proyek ini adalah untuk mengintegrasikan bom pintar dan rudal canggih buatan Turki ke dalam pesawat Su-25, bersama dengan kegiatan modernisasi avionik untuk Angkatan Udara Azerbaijan, tulis Airforce Technology.

Kolaborasi antara industri pertahanan kedua negara ini mencerminkan komitmen mereka untuk memanfaatkan sumber daya internal untuk pembangunan bersama dan memperkuat kemampuan militer.

Kolaborasi strategis antara Azerbaijan dan Turkiye menandai langkah dalam upaya mereka memperkuat kemampuan pertahanan dan kerja sama di kawasan.

Dengan mengintegrasikan teknologi canggih Turkiye ke dalam jet Su-25 Azerbaijan, negara-negara tersebut bertujuan untuk memperkuat angkatan udara mereka dan memastikan kesiapan menghadapi tantangan keamanan di masa depan.

Sebelumnya, perusahaan Baykar dari Turkiye dan Azerbaijan telah menandatangani protokol niat baik pada pembuatan bersama kendaraan udara tak berawak (UAV) tahun ini.

Penandatanganan kontrak tersebut menggarisbawahi meningkatnya hubungan bilateral antara Azerbaijan dan Turkiye.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *