Airbus dan AU Spanyol sukses uji kontak basah tanker C295W

Tanker C295Airbus DS

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Airbus Defence and Space (Airbus DS) dan Wing Udara 35 (Ala 35) Angkatan Udara Spanyol (SAF) yang berbasis di Getafe, Madrid sukses melaksanakan uji kontak basah (wet contacts) tanker C295W.

Airbus di lamannya (29/1) memberitakan, penerbangan yang dilaksanakan Januari 2020 ini dilaksanakan menggunakan tanker C295W milik Airbus DS dan C295 milik SAF sebagai pesawat penerima.

Uji pengisian bahan bakar di udara dilaksanakan pada kecepatan 100-130 knot. Dalam kegiatan ini diuji sistem kontrol komputer yang digunakan.

C295W tanker dapat melakukan misi pengisian bahan bakar di udara kepada pesawat bermesin turboprop lainya (versi angkut, MPA, dan lainnya), helikopter, dan wahana udara tak berawak.

Contoh penggunaan tanker C295W adalah pada operasi militer khusus atau dalam misi pencarian & penyelamatan (SAR), sehingga memperluas jangkauan atau durasi terbang pesawat atau helikopter yang ‘disusui’-nya.

Uji kontak basah atau uji pengisian bahan bakar secara nyata dari C295W terhadap C295 merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan.

Tanker C295
Airbus DS

Sebelumnya, uji kontak kering (dry contacts) pengisian bahan bakar dilaksanakan pada Desember 2019.

Sementara kegiatan simulasi pengisian bahan bakar di udara pertama telah dilaksanakan Airbus DS dan SAF pada 29 September 2016.

Tanker C295
Airbus DS

Pengembangan varian tanker C295 merupakan upaya Airbus DS untuk memperluas pasar keluarga pesawat angkut multi guna kelas sedang C295W (Winglet).

Selain versi tanker, Airbus juga tengah mengembangkan versi pemadam kebakaran dari udara (firefighter), versi pesawat bersenjata AC295 gunship, dan pesawat peringatan diri C295 AEW.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *