C-130 Hercules jatuh saat padamkan api di Australia, tiga awak meninggal

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebuah pesawat C-130H Hercules buatan Lockheed Martin yang dimodifikasi menjadi pesawat pemadam api jatuh di New South Wales, Australia. Pesawat jatuh saat melaksanakan misi pemadaman kebakaran hutan. Dalam kejadian itu tiga kru yang ada di dalam pesawat meninggal dunia.

Kecelakaan pesawat telah dikonfirmasi oleh Komisioner Dinas Pemadaman Api New South Wales, Shane Fitzsimmons.

Seperti diberitakan Flight Global, kecelakaan terjadi di area Peak View, 130 km sebelah selatan Canberra. Pesawat jatuh di wilayah pegunungan.

Telavisi Australia melaporkan, lokasi kecelakaan pesawat telah terdeteksi melalui helikopter yang diterbangkan mendekat ke lokasi kejadian.

Coulson Aviation dari Amerika Serikat sebagaioperator pesawat ini juga memastikan bahwa pesawat beregistrasi N134CG (MSN4904) itu hilang pada pukul 13.00 waktu setempat. Ketiga awak pesawat berkewarganegaraan AS.

C-130H
Brook Mitchell

Coulson mengoperasikan pesawat C-130H setelah membeli EC-130Q bekas pakai Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) ini di tahun 2017.

Pesawat tersebut pertama kali digunakan oleh AL AS pada 1981. Tahun 1992-1993 pesawat digunakan untuk mendukung percobaan-percobaan yang dilakukan NASA.

Coulson memodifikasi EQ-130Q menjadi varian pemadam api. Pesawat ini dilengkapi dengan tangki air RADS-XXL roll-on, roll-off dengan kapasitas muatan 4.000 galon air.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *