Armenia terima empat pesawat tempur multiperan Su-30SM buatan Rusia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Armenia telah menerima empat unit pesawat tempur multi-peran Su-30SM buatan Irkut, Rusia. Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan mengumumkan hal itu pada Jumat, 27 Desember.

Empat Su-30SM hasil pesanan awal tahun 2019 ini mendarat di Pangkalan Udara Gyumri di negara republik Kaukasus Selatan yang beribu kota di Yerevan itu.

“Ini adalah pembelian terpenting kita tahun ini,” Pashinyan menulis di laman media sosialnya. 

Seperti diberitakan TASS, Armenia membeli empat jet tempur Su-30SM dari Rusia. Pesawat tempur generasi 4++ rancangan Biro Desain Sukhoi berkursi tandem ini ditenagai dua mesin turbofan AL-31FP thrust vectoring reheated aliran ganda. 

Armenian Su-30SM
Armenian MoD

Su-30SM mampu menempuh jarak 3.000 km atau terbang selama 3,5 jam tanpa pengisian bahan bakar di udara.

Sementara itu Armen Press memberitakan, Perdana Menteri Nikol Pashinyan dan Menteri Pertahanan Armenia Davit Tonoyan melihat langsung kedatangan dua Su-30SM untuk angkatan udara negaranya ini.

armenian-PM-Su-30SM
Armenian MoD

Sebelum mendarat, pilot-pilot Rusia yang mengawaki Su-30SM menunjukkan manuver udara pesawat tersebut terlebih dahulu di hadapan para penyambut.

Usai mendarat, Pashinyan kemudian naik ke salah satu kokpit pesawat itu dan mendapatkan penjelasan mengenai kemampuan pesawat dari pilotnya.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *