Super Guppy Angkut Kapsul Orion Space milik NASA

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kapsul Orion Space milik badan aeronautika dan ruang angkasa nasional Amerika Serikat, NASA, diangkut menggunakan pesawat Aero Spacelines/Airbus Super Guppy dari Kennedy Space Center di Florida ke pusat penelitian di Plum Brook, Cleveland, Ohio. 

Orion Space tiba di Mansfield Lahm Airport pada Minggu, 24 November lalu dan kemudian diangkut menggunakan jalan darat menuju Plum Brook. 

Kapsul Orion merupakan bagian dari wahana yang akan digunakan untuk misi Artemis 1, yaitu peluncuran wahana luar angkasa untuk pendaratan dua manusia di Bulan.

Pendaratan di Bulan akan dilaksanakan di bagian kutub selatan dari satelit Bumi tersebut. Perjalanan yang dibutuhkan oleh wahana ini ke lokasi pendaratan dan kembali lagi ke Bumi memakan waktu tiga minggu.

Sebelum diluncurkan, kapsul ini harus diuji terlebih dahulu di Plum Brook selama dua bulan. 

Salah satu uji yang dilaksanakan adalah uji kondisi suhu superdingin dan superpanas yang akan dialami wahana ini dalam mengarungi medan luar angkasa nantinya.

Fase kedua dari uji coba adalah uji interferensi elektromagnetik dan uji kesesuaian. Pengujian akan dilaksanakan selama dua minggu.

Artemis 1 merupakan misi besar Amerika Serikat mengeksplorasi Bulan dan benda alam semesta lainnya.  

Super Guppy
NASA

Melalui program ini, Amerika Serikat akan mendaratkan untuk pertama kali perempuan di bulan dan juga laki-laki berikutnya pada 2024. 

Pendaratan ke Bulan sebagai perantara dari rencana eksplorasi Mars lebih lanjut.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *