Helikopter Sipil Mi-171A2 Dapat Sertifikasi di India dan Kolombia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Helikopter sipil Mi-171A2 buatan Russian Helicopters (bagian dari Rostec) telah mendapatkan sertifikasi dari Departemen Penerbangan Sipil India dan Unit Administratur Khusus Aeronautika Sipil Kolombia.

Dengan demikian heli tersebut sudah dapat diekspor oleh Rusia ke India dan Kolombia.

Russian Helicopters dalam rilisnya yang diterima Airspace Review menyatakan, sebelumnya sertifikasi juga telah didapatkan Mi-171A2 untuk mesin VK-2500PS-03 yang digunakan pada heli ini.

Mi-171A2 merupakan varian terbaru dari helikopter Mi-8/17. Di Rusia, heli bermesin ganda ini telah mendapatkan sertifikasi Tipe A dari Badan Transportasi Udara Federal.

“Artinya, syarat keselamatan yang tinggi untuk penggunaan helikopter sipil ini telah dipenuhi,” ujar CEO Russian Helicopters Andrey Boginsky.

Rusia telah membuat helikopter Mi-171A2 untuk pesanan pelanggan dari India di pabrik helikopter Ulan-Ude Aviation Plant. Heli tersebut telah didemonstrasikan di hadapan Perdana Menteri India Narendra Modi saat berlangsung Forum Ekonomi Timur beberapa waktu lalu.

Mi-171A2
Russian Helicopters

Selanjutnya heli Mi-171A2 juga akan menjalani validasi untuk sertifikasi di China, Korea Selatan, Brasil, Meksiko, Peru, dan beberapa negara lainnya.

Mi-171A2 dibuat untuk kebutuhan pengangkutan orang maupun barang. Heli dengan kapasitas muat 25% lebih besar dari Mi-8/17 ini dipersiapkan juga sebagai helikopter VIP.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *