Turki Uji Coba S-400 Triumf Terhadap Jet F-16 Buatan Amerika Serikat

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Turki diberitakan telah menguji coba sistem pertahanan udara S-400 Triumf buatan Rusia terhadap sasaran berupa jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat (AS).

Seperti diketahui, Turki telah menerima dua baterai S-400 dari Rusia pada Juli dan September 2019. Pembelian ini mendapat tentangan dari AS yang kemudian mengenyahkan Turki dari program F-35. 

Turki pun tidak diperkenankan membeli jet tempur F-35. Seluruh bisnis pembelian pesawat ini telah dihentikan oleh AS. Demikian juga dengan penyerahan suku cadang pesawat dan pelatihan-pelatihan pilotnya.

Seperti dilansir Russia Today, sejumlah media Turki melaporkan uji coba S-400 terhadap F-16 dilaksanakan di luar kota Ankara. Dalam latihan ini, turut dilibatkan pesawat-pesawat tempur lain yang juga terbang rendah dan tinggi.

Sebuah video yang dikeluarkan agen berita terbesar Turki Ihlas Haber Ajansi memperlihatkan, sedikitnya satu F-16 melaksanakn penerbangan rendah dan tinggi untuk memastikan kemampuan sistem penjejak S-400.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *