GDLS akan ungkap tank tempur utama AbramsX Next-G di AUSA 2022

AbramXGDLS
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan pertahanan General Dynamics Land Systems (GDLS) akan mengungkapkan demonstrantor teknologi AbramsX MBT (Main Battle Tank) di AUSA 2022, pameran pertahanan Asosiasi AD Amerika Serikat yang berlangsung di Washington D.C. dari 10 sampai 12 Oktober.

Tank tempur utama generasi berikutnya (Next-Gen) ini, selain mendapatkan perubahan tampilan desainnya, bobotnya juga telah berkurang dibandingkan dengan tank Abrams generasi sebelumnya, diperkirakan 55-60 ton dibandingkan 73 ton model saat ini.

Airbus_contoh2

Pengurangan bobot ini untuk meningkatkan mobilitas dan kemampuan daya angkutnya, serta memberikan jangkauan taktis yang sama dengan versi M1A2 Abrams namun dengan konsumsi bahan bakar lebih hemat 50 persen.

AbramsX akan disokong oleh paket daya hibrida tenaga listrik-diesel untuk pengurangan tingkat kebisingan sehingga dapat bergerak dengan senyap.

Jumlah awak AbramsX telah berkurang menjadi tiga orang saja dan dibekali teknologi AI (kecerdasan buatan), lalu tim berawak/tanpa awak (MUM-T) dan sistem otonom.

Sebagai penggebuk, AbramsX bisa dipersenjatai dengan XM360 120 mm baru yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian, Pengembangan, dan Teknik AD Amerika Serikat.

Kanon utama tersebut dapat menembakkan amunisi baru jenis MRM (Mid-Range Munitions), AMP (Advanced Multi-Purpose), dan AKE (Advanced Kinetic Energy).

Pada atap turret-nya dilengkapi puladengan RCWS yang dipersenjatai dengan satu kanon otomatis 30 mm dan satu senapan mesin koaksial yang dipasang di sisi kanan.

AbramsX juga dilengkapi dengan new sight dan sistem pengendalian tembakan menggunakan sistem panoramic vision untuk komandan dan penembak.

AbramsX akan dilengkapi dengan paket pelindung baru yang dipasang di sekitar lambung dan turret. Tersedia dua pintu palka di bagian depan lambung.

Kehadiran AbramsX dapat menjadi simpul kunci dalam jaringan medan perang yang mematikan dan berfungsi sebagai jembatan dari Abrams SEPv3 dan SEPv4 untuk tank masa depan.

Pada AUSA 2022, selain AbramsX, GDLS juga akan meluncurkan robot pendukung lapis baja TRX Breacher, kendaraan lapis baja hibrida listrik-diesel StrykerX dan kendaraan pendeteksi serangan radio Striker Leoni.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *