Belum Dua Bulan Diterima, Elevator A350 Ethiopian Kena Sabetan Winglet A330 Turkish Airlines

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Senggolan dua pesawat di bandara seringkali terjadi. Terlebih hal ini dialami oleh pesawat-pesawat badan lebar. Pesawat-pesawat jenis ini memiliki rentang sayap yang panjang dan oleh karenanya bisa jadi luput dari kewaspadaan pilot saat mengemudikan pesawat di jalur menuju apron maupun keluar dari area parkir tersebut.

Hal ini pula yang kiranya terjadi pada A330-200F registrasi TC-JOV milik Turkish Airlines Cargo.

Pesawat dengan nomor penerbangan TK6512 itu baru saja mendarat di Bandara Internasional N’Djili, Kinshasa, Republik Demokratik Kongo pada 27 setelah terbang dari Istanbul.

Pilot selanjutnya mengemudikan pesawat angkut kargo itu di landasan menuju area parkir. TC-JOV berjalan merayap menuju tempat yang telah tersedia.

BACA  GMF dan Garuda Indonesia Resmikan Monumen Seulawah RI001

Namun sayang, saat menuju tempat parkirnya itu winglet bagian kanan A330-200F menyabet ujung dari elevator kiri A350-900 ET-AWO milik Ethiopian Airlines yang sedang parkir.

Hasilnya, tentu saja kedua pesawat mengalami kerusakan di bagian-bagian yang bersenggolan tersebut. Namun sejumlah laporan di media menyebut, kerusakan yang dialami tidak terlalu parah. Kejadian ini tengah diselidiki oleh pihak-pihak terkait.

Senggolan A330  Turkish dan A350  Ethiopian
@MagloireKabwe

Untuk diketahui, berdasarkan data pada Airbus, A350-900 ET-AWO belum genap dua bulan diterima oleh Ethiopian Airlines.

Pesawat brand new ini diserahkan Airbus kepada Ethiopian Airlines pada 4 Oktober lalu.

Di Bandara N’Djili, Kinshasa pesawat itu sedang parkir usai melaksanakan penerbangan dari Addis Ababa, ibu kota Ethiopia.

BACA  Kantongi Rekor Baru, Drone China Berhasil Tembakan Rudal ke 5 Target dengan Akurat

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *