Polandia Tidak Jadi Grounded MiG-29, Pilot Kembali Latihan Terbang

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Polandia telah menerbangkan kembali armada jet tempur MiG-29 buatan Rusia setelah beberapa waktu lalu muncul desakan untuk mendaratkan (grounded) pesawat ini.

Sejumlah kecelakaan menimpa MiG-29 Angkatan Udara (AU) Polandia. Yang terakhir terjadi pada 4 Maret 2019 di mana pilot memutuskan untuk eject setelah pesawat yang ia terbangkan mengalami malfungsi teknis di bagian mesin.

Sebelumnya pada Juli 2018, kecelakaan fatal menimpa MiG-29 mereka dan hingga saat ini masih diselidiki penyebabnya.

Kemudian pada Desember 2017 kecelakaan juga terjadi pada MiG-29 AU Polandia, namun hasil investigasinya tidak disampaikan ke publik.

Dikutip dari FlightGlobal, Inspektor AU Polandia Mayor Jenderal Jacek Pszczola menyatakan, saat ini lima unit MiG-29 dalam kondisi laik terbang. Sementara 12 lainnya masih dalam proses pengecekan. Polandia masih memiliki suku cadang bagi pesawat ini untuk tiga hingga empat tahun ke depan.

Tidak dioperasikannya MiG-29 sejak Maret lalu, menyebabkan pilot-pilot AU Polandia menurun kemampuannya menerbangkan pesawat ini. Para pilot pun harus melakukan pelatihan ulang (recurrent training) pada pesawat ini sehingga diperbolehkan lagi menerbangkannya.

MiG-29 AU Polandia
Pinterest

Untuk tahap pertama, izin terbang diberikan kepada pilot-pilot yang paling berpengalaman (memiliki jam terbang banyak).

Disebutkan, paling tidak dibutuhkan enam bulan untuk melakukan semua pelatihan teori, simulator, hingga menerbangkan MiG-29 pada berbagai kondisi bagi keseluruhan pilot.

Polandia telah mendapatkan restu dari Amerika Serikat atas rencana pembelian 32 F-35 senilai 6,5 miliar dolar AS. F-35 akan menggantikan armada MiG-29 dan Su-22 di AU Polandia.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *