Tampilan Kokpit Canggih KF-X di Pameran Seoul ADEX 2019

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Korea Aerospace Industries (KAI) telah menunjukkan mock-up jet tempur generasi 4,5 KF-X dalam pameran Seoul ADEX (Aerospace & Defense Exhibition) di Bandara Seoul, Korea Selatan pada 15-20 Oktober 2019.

Selain sosok luarnya mulai bisa dilihat secara kasat mata oleh para pengunjung, KAI juga memperlihatkan bagian kokpit digital pesawat bersenjata eksternal ini.

Kokpit digital KF-X terintegrasi dengan helmet yang digunakan pilot dan tampilan di head-up display (HUD).

Menurut laporan langsung FlightGlobal dari arena pameran, kokpit KF-X menggunakan sistem sentuh layar tunggal yang menggantikan sistem analog.

Layar data di kokpit ini menampilkan beragam informasi taktis termasuk hasil penjejakan radar, kondisi persenjataan, kondisi mesin, dan data-data penting lainnya.

Namun KAI menjelaskan bahwa sistem layar sentuh kokpit pesawat ini tentu tidak sama seperti layar sentuh di telepon pintar.

KF-X-mock-up

Dibutuhkan tekanan lebih keras pada layar sentuhnya untuk menghindari kesalahan-kesalahan perintah akibat hal lain seperti adanya noda atau goresan pada layar.

Di luar pemberitaan mengenai sosok eksternal dan internal mock-up KF-X, pemberitaan lain menyoroti tidak adanya embel-embel Indonesia atau IF-X maupun PT Dirgantara Indonesia (PTDI) menempel di pesawat ini.

KF-X-mock-up_

Demikian juga di booth KAI, hanya KF-X yang terpampang. Tidak seperti dalam pameran Indo Defence tahun lalu di Jakarta di mana logo IF-X masih terlihat sebagai cerminan kerja sama yang dibangun oleh dua negara, Korea Selatan dan Indonesia dalam proyek jet tempur KF-X/IF-X.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *