Intip Kawanan Flanker Sebelum Tunaikan Tugas di Latgab TNI 2019

Su-30 TNI AUIpenk

AIRSPACE-REVIEW.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun ini menggelar latihan besar-besaran bertajuk Latihan Gabungan (Latgab) TNI “Yudha Dharma” 2019.

Rangkaian puncak latihan tiga matra TNI ini akan dilaksanakan di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir di Asembagus, Situbondo, Jawa Timur pada 9-12 September ini.

Dijadwalkan, Presiden RI Joko Widodo akan menyaksikan langsung pelaksanaan wujud profesionalisme para prajurit TNI ini.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyatakan, Latgab TNI merupakan wahana menguji kesiapsiagaan TNI untuk melaksanakan kampanye militer dalam rangka menghadapi kemungkinan kontijensi yang terjadi.

Su-30 TNI AU
Ipenk

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa saat memimpin Apel Gelar Pasukan kesiapan Latgab TNI Dharma Yudha di Dermaga Ujung Surabaya, Kamis (5/9/2019).

Diungkapkan Panglima TNI, hasil evaluasi latihan setiap angkatan yang telah dilaksanakan perlu ditindaklanjuti.

Seluruh satuan yang terlibat beserta alutsista yang dikerahkan, kata Panglima TNI, telah menunjukkan kemampuannya secara maksimal.

Su-30 TNI AU
Ipenk

“Saya yakin semua dapat menunjukkan yang terbaik, karena dari latihan puncak angkatan yang telah dilaksanakan seluruhnya berjalan dengan memuaskan,“ ungkapnya.

Dijelaskan pula, Latgab TNI 2019 mengambil tema “Komando Gabungan TNI Melaksanakan Kampanye Militer di Mandala Operasi Dalam Rangka Menegakkan Kedaulatan dan Keutuhan Wilayah NKRI”.

Tema ini dinilai sangat tepat oleh Panglima TNI karena TNI senantiasa dituntut untuk dapat melaksanakan tugas pokoknya dihadapkan pada tuntutan interoperabilitas yang semakin tinggi.

Su-30 TNI AU
Ipenk

Panglima TNI menekankan, seluruh aspek operasi merupakan sasaran yang ingin dicapai, terlebih TNI terus memodernisasi alutsista secara bertahap.

Latgab TNI 2019 diikuti oleh 12.500 prajurit ketiga matra berikut peralatan-peralatan tempur modernnya.

Sementara itu KSAD menyatakan, alat-alat komunikasi yang baru dipergunakan dalam latihan gabungan ini untuk melaksanakan komunikasi yang lebih baik antara elemen-elemen udara, darat, dan laut sehingga dapat terjalin dengan baik dan menambah kesempurnaan dibanding pelaksanaan sebelumnya.

Su-30 TNI AU
Ipenk

Dalam rangkaian Latgab 2019 ini juga, Airspace Review menerima foto-foto yang memperlihatkan armada jet tempur Su-30MK2 disiapkan di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Sedikitnya terlihat ada lima unit jet Flanker dari Skadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar yang disiapkan di Lanud Abdulrachman Saleh guna melaksanakan misi pengeboman terhadap sasaran-sasaran yang telah ditentukan.

Su-30 TNI AU
Ipenk

Di tengah masa latihan yang dilaksanakan, foto-foto yang kami tampilkan di sini sedikitnya bisa memberikan gambaran langsung dari lapangan.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *