Dua pembom B-1B mondar-mandir di atas Laut China Timur, ada apa?

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dua pesawat pembom strategis supersonik B-1B Lancer milik Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) dalam satu pekan ini tercatat telah dua kali melaksanakan misi latihan di atas perairan Laut China Timur.

Angkatan Udara Pasific (PACAF) mengumumkan, dua jet B-1B dari Skadron Pembom Ekspedisionari ke-9 (9th EBS) telah lepas landas pada 6 Mei 2020 untuk melaksanakan misi strategisnya.

Kedua pesawat didukung oleh pesawat tanker KC-135 Stratotanker dari Air Refueling Squadron ke-166 (166th ARS), Garda Udara Nasional, Ohio.

PACAF menjelaskan, kehadiran kawanan pembom B-1B adalah untuk mendukung misi penangkalan strategis PACAF di kawasan Indo-Pasifik.

B-1B over East China Sea
River Bruce/USAF

Penerbangan misi pada 6 Mei merupakan penerbangan kedua dalam satu pekan terakhir yang dilakukan kawanan B-1B di atas Laut China Timur. Penerbangan pertama untuk misi yang sama dilaksanakan pada 4 Mei.

Seperti diberitakan Airspace Review sebelumnya, empat pembom strategis B-one (Bone) beserta 200 kru pendukung dari 9th EBS, 7th Bombardier Wing, Dyess Air Force Base, Texas telah ditempatkan oleh USAF di Andersen Air Force Base, Guam.

empat B-1B di Andersen AFB
Richard P. Ebensberger/USAF

Pembom bersayap ayun ini menggantikan tugas kawanan pembom strategis lainnya di Guam, yaitu B-52 Stratotanker.

Terakhir kali, armada pembom B-1B Lancer ditempatkan oleh USAF di Andersen AFB pada 2017.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *