Angkatan Udara Brasil Terima Pesawat KC-390 Pertama

AIRSPACE-REVIEW.com – Angkatan Udara Brasil (FAB) telah menerima pengiriman pesawat angkut militer KC-390 pertama dari Embraer. Penyerahan pesawat dilaksanakan di Anapolis Air Base, luar kota Brasilia pada Rabu, 4 September 2019.

Di FAB pesawat masuk ke dalam jajaran Grup Angkutan Pasukan Pertama. Pelatihan para kru pesawat sebelumnya telah dilaksanakan di fasilitas Embraer.

AU Brasil memesan 28 KC-390. Sisa pesanan pesawat akan dikirimkan kemudian.

Sementara itu, pada Juli lalu Portugis juga telah memesan lima KC-390 dari Embraer untuk angkatan udara mereka (FAP). Portugis menjadi negara pertama pengguna KC-390 di luar Brasil.

KC-390
Anna Zvereva

Mengutip pemberitaan Flight Global.com, Embraer hingga saat ini telah mengantongi 33 surat minat (LoI) untuk KC-390. Masing-masing enam dari Cile, 12 dari Kolombia, dua dari Ceko, satu dari Portugis, dan enam dari perusahaan penerbangan SkyTech.

Pengembangan KC-390 dimulai sejak 2009. Selain untuk angkutan penumpang/kargo, pesawat ini juga dirancang memiliki kapabilitas sebagai tanker udara.

KC-390 cockpit
collins aerospace

KC-390 menjadi pesawat berukuran terbesar pertama yang dikembangkan oleh Embraer. Penerbangan perdana prototipe pesawat ini dilaksanakan pada 3 Februari 2015.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *