Varian baru Lazar IIIP dan Lazar lll A1 dari Yugoimport di Partner 2021

Lazar IIIP
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Produk kendaraan tempur (ranpur) keluarga Lazar lll buatan Yugoimport mencuri perhatian selama pameran pertahanan Partner 2021 yang diselenggarakan pada 11-14 Oktober di Beograd, Serbia.

Lazar adalah keluarga ranpur modem berpenggerak 8X8, mulai diperkenalkan pertama pada 2016. Mengadopsi desain modular sehingga bisa dikembangkan untuk beragam misi.

Airbus_contoh2

Dapat dikonfigurasi sebagai APC (Armored Personel Carrier), IFV (Infantry Fighting Vehicle), pos komando, ambulans, sistem rudal pertahanan udara, kendaraan antitank, dan banyak lagi.

Untuk susunan tata letaknya, pengemudi dan komandan diposisikan di depan kendaraan. Kompartemen penumpang terletak di bagian belakang.

Jumlah awak tergantung pada jenis misi dan senjata yang digunakan.

Jika dilengkapi dengan remote control weapon station (RCWS), bisa mengangkut 12 prajurit (komandan, pengemudi, penembak + 9 prajurit).

Lazar lll memiliki perlindungan balistik Level 3 STANAG 4569, aman terhadap tembakan senjata ringan kaliber 7,62x51mm AP (Armor-Piercing) pada jarak 30 meter dan perlindungan anti ranjau pada tingkat 3a dan 3b STANAG 4569.

Melansir Army Recognition, dalam pameran Partner 2021 ini, Yugoimport memperkenalkan varian terbarunya Lazar lllP yakni kendaraan tempur pendukung Infanteri.

Ranpur bertubuh besar ini dilengkapi RWCS 30/2 yang dipersenjatai dengan kanon otomatis kembar kaliber 30 mm dan empat rudal Nova yang memiliki jangkauan 8 km.

Lazar III A1
Lazar III A1

Selain itu, Yugoimport juga memunculkan varian Lazar Ill A1 yang mengusung RCWS bersenjatakan satu kanon otomatis 2A42 kaliber 30 mm dan satu senapan mesin 7,62 mm 6P7K.

Selain keluarga Lazar lll, dalam pameran Partner 2021 ini, Yugoimport juga memperkenalkan untuk pertama kalinya ranpur LAZANSKI 8X8 yang dipersenjatai kanon 57 mm.

RBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *