Gelar Operation Rapid Forge, F-35A dan F-15E Kumpul di Tiga Negara NATO

AIRSPACE-REVIEW.com – Jet-jet tempur andalan Angkatan Udara Amerika Serikat (AU AS/USAF) ditambah dengan pesawat-pesawat pendukung seperti MC-130J Commando II dan C-130J Super Hercules berkumpul di tiga pangkalan udara negara NATO, yaitu di Polandia, Latvia, dan Estonia.

Kawanan burung besi bertaji munisi ini tidak lain tengah melaksanakan latihan kesiapan operasi tempur dan interoperabilitas sesama anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara. Latihan dikemas dengan sandi Operation Rapid Forge 2019.

AU AS wilayah Eropa (USAFE) dalam siaran pers yang disampaikan kepada media beberapa hari lalu menyatakan, kegiatan yang disponsorinya ini adalah untuk mempererat tali silaturahim sekaligus menajamkan kemampuan operasional tempur udara sesama negara NATO.

USAF
USAF

Kelompok F-35A yang diturunkan dalam latihan operasi bersama ini berasal dari Wing Tempur ke-388 dan ke-491 dari Hill AFB di Utah. Kemudian F-15E berasal dari Wing Tempur ke-4 Seymour Johnson AFB di North Carolina.

Sementara MC-130J didatangkan dari Wing Operasi Khusus ke-352 di RAF Mildenhall, Inggris. Kemudian C-130J berasal dari Wing Angkutan Udara ke-86 di Ramstein, Jerman.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *